@phdthesis{digilib14223,
           month = {July},
           title = {UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BAGI SISWA KELAS
III MATERI MENGENAL BENTUK PERMUKAAN BUMI DENGAN
MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL ( VCD PEMBELAJARAN
) MI YAPPI REJOSARI SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014
},
          school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA},
          author = { NIM. 13485280 IMAM BAGUS MUTOHA },
            year = {2014},
            note = {Pembimbing :  Drs. Zainal Arifin Ahmad, S.Ag.M.Ag
},
        keywords = {Kata Kunci : Penggunaan VCD Pembelajaran, Hasil Belajar



},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14223/},
        abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengembangan
kreativitas siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Salah satu
faktor yang mempengaruhi kreativitas siswa dalam belajar adalah metode
pembelajaran yang bisa mengembangkan rasa ingin tahu, keterbukaan
terhadap pengalaman, berani mengambil resiko, dan penuh energi dalam diri
siswa. Metode pembelajaran itu adalah metode audio visual ( VCD
pembelajaran ), yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memecahkan atau
membuktikan suatu teori, yang meliputi, mengamati, mengukur kemajuan
hasil belajar siswa sehingga diperoleh data yang kemudian dipergunakan
untuk menarik kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
Apakah metode media audio visual ( VCD Pembelajaran ) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dengan alat peraga VCD Pembelajaran
terhadap hasil belajar siswa kelas III MI Yappi Rejosari tahun pelajaran
2013/2014 dalam pelajaran IPA.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas ( PTK ) yaitu
dengan menggunakan metode audio visual untuk mengukur hasil belajar
siswa khususnya pembelajaran IPA dengan materi Mengenal bentuk
permukaan bumi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan
Kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I dilakukan dalam dua kali
pertemuan dan pada siklus II juga dilakukan dalam dua kali pertemuan.
Teknik pengurnpulan data yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan
dengan mengadakan post tes untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
terhadap materi yang telah dipelajari. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan
metode audio visual ( VCD Pembelajaran ) dalam pembelajaran IPA pokok
bahasan Mengenal bentuk permukaan bumi dengan menggunakan VCD
Pembelajaran, sebelum diterapkan metode audio visual dengan alat peraga
VCD Pembelajaran 60.83 dan setelab diterapkan metode audio visual dengan
menggunakan VCD Pembelajaran, terjadi peningkatan pada siklus I
pertemuan I dan pertemuan II yaitu rata-rata ketuntasan siswa meningkat
menjadi 63.41, pada siklus II pertemuan I dan pertemuan II yaitu rata-rata
ketuntasan siswa meningkat menjadi 68.50. Adanya peningkatan basil belajar
siswa setelah menggunakan metode pembelajaran media audio visual antara
siklus I dan siklus II yang ditunjukan oleb pencapaian nilai rata- rata kelas,
yaitu 63.41 pada siklus I meningkat menjadi 68.50 pada siklus II.
Dari data basil penelitian menunjukan sudab melebibi KKM yaitu 65,.
Dengan demikian dapat disimpulkan babwa penggunaan media VCD
pembelajaran dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas III MI Yappi
Rejosari Semester II Tabun Pelajaran 2013 I 2014.

}
}