@phdthesis{digilib14232, month = {June}, title = {UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKADENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH NGADIPURO DUKUN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014 }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 12485100 ERNIYATI MUSAYADAH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. Radino, M.Ag. }, keywords = {Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar Matematika }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14232/}, abstract = {Erniyati Musayadah, ?Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ngadipuro Dukun Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngadipuro Dukun Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Sedangkan masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah ?Apakah terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngadipuro Dukun Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014 setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)??. Kemudian tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngadipuro Dukun Kabupaten Magelang. Guna menjawab permasalahan dan memenuhi tujuan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngadipuro Dukun. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrument penelitian berupa lembar observasi dan soal tes. Data yang terkumpul dari hasil observasi dianalisis dengan teknik kualitatif dan dari hasil tes dianalisis dengan teknik kuantitatif yang dipersentasekan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngadipuro Dukun. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari nilai rata-rata kelas hasil belajar matematika pada kondisi awal sebelum tindakan adalah 57,82 dan jumlah siswa yang mencapai nilai batas ketuntasan minimal adalah 18,2\%. Pada siklus I, rata-rata kelas adalah 66,05 dan jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal adalah 45,5\%. Pada siklus II, rata-rata kelas adalah 80,45 dan jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan minimal adalah 81,8\%. } }