<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . " UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI BATUSARI KAMPUNG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA \r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014 \r\n"^^ . "Dwiningsih Sudaryanti. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Sederhana Untuk Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Batusari Kampung Ngawen Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.Skripsi.Yogyakarta.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014.” \r\nLatar belakang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru matematika sehingga pembelajaran menjadi Teachered Center dan siswa kurang aktif. Kondisi yang seperti ini mengakibatkan nilai yng diperoleh siswa masih di bawah KKM yang telah ditentukan oleh guru. \r\nTujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa kelas IV MI YAPPI Batusari Kampung Ngawen Gunungkidul Yogyakarta pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan media sederhana. \r\nSubyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI YAPPI Batusari yang berjumlah 8 anak, yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 3 anak laki–laki. Sedangkan obyek akan diteliti adalah minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi operasi hitung bilangan pecahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan angket. Pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskripsi kuantitatif. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan minat belajar Matematika siswa kelas IV MI YAPPI Batusari, dengan menggunakan media sederhana. Hasil ini dibuktikan dengan hal-hal berikut: hasil observasi dari kegiatan pra tindakan yang menunjukan persentase 34,38 yang berada pada rentang 25 - 44,99 termasuk pada kategori “kurang” kemudian meningkat pada siklus I yang menunjukkan prosentase 60,63 yang berada pada rentang 50 - 74,99 termasuk dalam katagori “baik”. Untuk hasil siklus II juga mengalami peningkatan yang cukup tinggi yaitu menunjukkan prosentase 88,75 yang berada pada rentang 75 - 100 termasuk dalam kategori “sangat baik”. Selain itu peningkatan minat belajar siswa juga dibuktikan dengan hasil wawancara dengan siswa yang menyatakan bahwa dengan menggunakan media sederhana siswa merasa senang dan tidak bosan lagi dengan pembelajaran matematika. Hal ini didukung dengan hasil wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran matematika yang mengatakan bahwa minat belajar matematika siswa dari sebelum dan setelah menggunakan media sederhana mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sebelum menggunakan media sederhana siswa kurang berminat dengan belajar matematika akan tetapi setelah menggunakan media siswa menjadi berminat dan senang untuk belajar matetamika. \r\n\r\n"^^ . "2014-06-10" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . " NIM. 13485256 "^^ . "DWININGSIH SUDARYANTI "^^ . " NIM. 13485256 DWININGSIH SUDARYANTI "^^ . . . . . . " UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI BATUSARI KAMPUNG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA \r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014 \r\n (Text)"^^ . . . " UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI BATUSARI KAMPUNG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA \r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014 \r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . " UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI BATUSARI KAMPUNG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA \r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014 \r\n (Other)"^^ . . . . . . " UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI BATUSARI KAMPUNG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA \r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014 \r\n (Other)"^^ . . . . . . " UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI BATUSARI KAMPUNG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA \r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014 \r\n (Other)"^^ . . . . . . " UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI BATUSARI KAMPUNG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA \r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014 \r\n (Other)"^^ . . . . . . " UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI BATUSARI KAMPUNG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA \r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI BATUSARI KAMPUNG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA \r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI BATUSARI KAMPUNG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA \r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI BATUSARI KAMPUNG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA \r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #14237 \n\n UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA \nDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI BATUSARI KAMPUNG NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA \nTAHUN PELAJARAN 2013/2014 \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .