<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI)\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS 5 MI YAPPI\r\nMULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL"^^ . "Imron Basori, “Penerapan Metode Group Investigation (GI) untuk\r\nMeningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa\r\nKelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas\r\nIlmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Pendidikan\r\nKewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting di MI.\r\nMengingat pentingnya mata pelajaran ini diterapkan, maka diperlukan juga\r\npendekatan dan metode supaya siswa memiliki pengetahuan tentang warga negara\r\ndan menjadi warga negara yang demokratis, menghargai perbedaan, dan mampu\r\nmengatasi masalah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1)\r\nbagaimana keaktifan dan prestasi belajar PKn siswa MI YAPPI Mulusan Paliyan\r\nGunungkidul sebelum penerapan Metode Group Investigation, (2) bagaimana\r\npenerapan Metode Group Investigation pada mata pelajaran PKn kelas V MI YAPPI\r\nMulusan Paliyan Gunungkidul, dan (3) bagaimana hasil dari penerapan Metode\r\nGroup Investigation pada mata pelajaran PKn kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan\r\nGunungkidul.\r\nJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan\r\ndalam tiga siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,\r\ntindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi :\r\nkeaktifan siswa yang diperoleh dari pengamatan dan hasil pengisian angket setiap\r\nsiklus, prestasi belajar yang siswa yang diambil dari tes pada setiap siklus, catatan\r\nlapangan, hasil wawancara, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam\r\npenelitian ini adalah meingkatnya keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn dilihat\r\nselama proses pembelajaran dan dari analisis data angket yang mencapai 80% pada\r\nakhir siklus dan meningkatnya hasil belajar PKn di atas Kriteria Ketuntasan Minimal\r\n(KKM) yang mencapai 90% dari jumlah siswa kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan\r\nGunungkidul dilihat dari evaluasi belajar akhir siklus.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Group\r\nInvestigation dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Pendidikan\r\nKewarganegaraan siswa kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul.\r\nKeaktifan siswa dikatakan meningkat karena prosentase pada setiap aspeknya\r\nmeningkat dan rata-rata dari seluruh aspek setiap siklus meningkat. Peningkatan\r\nkeaktifan belajar Pendidikan Kewarganegaraan dapat dilihat hasil observasi dan\r\nangket keaktiafan siswa. Berdasarkan obeservasi diketahui bahwa prosentase\r\nkeaktifan siswa pada siklus I adalah 68,41 %, pada siklus II 84,20 %, dan pada siklus\r\nIII 98,24 %."^^ . "2014-06-10" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 13485269"^^ . "IMRON BASORI"^^ . "NIM. 13485269 IMRON BASORI"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI)\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS 5 MI YAPPI\r\nMULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL (Text)"^^ . . . "PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI)\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS 5 MI YAPPI\r\nMULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI)\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS 5 MI YAPPI\r\nMULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI)\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS 5 MI YAPPI\r\nMULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI)\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS 5 MI YAPPI\r\nMULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI)\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS 5 MI YAPPI\r\nMULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI)\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS 5 MI YAPPI\r\nMULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI)\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS 5 MI YAPPI\r\nMULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI)\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS 5 MI YAPPI\r\nMULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI)\r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS 5 MI YAPPI\r\nMULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #14239 \n\nPENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) \nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR \nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS 5 MI YAPPI \nMULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .