@phdthesis{digilib14251,
           month = {June},
           title = {PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI
PECAHAN DENGAN MEDIA MANIPULATIF BAGI SISWA KELAS IV
MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 2 RAMBEANAK
KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014},
          school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA},
          author = {NIM. 12485097 ANIK RAHMIYATUN},
            year = {2014},
            note = {Pembimbing Dr. Sukiman, M.Pd},
        keywords = {Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Media Manipulatif, Prestasi Belajar.},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14251/},
        abstract = {Anik Rahmiyatun, ?Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi
Pecahan Dengan Media Manipulatif Bagi Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Rambeanak Mungkid Magelang?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam
Negeri Sunan Kalijaga, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis
pelaksanaan pembelajaran melalui Media Manipulatif dalam pembelajaran
matematika untk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada MI
Muhammadiyah 2 Rambeanak Mungkid Magelang.Apakah penggunaan media
manipulatif dalam pembelajaran Matematiaka materi pecahan dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa. Begitu pula dalam pembelajaran Matematika utamanya
pada materi pokok pecahan dengan penyebut sama dan penyebut tidak sama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media manipulatif
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, atau sebaliknya. Dalam pembelajaran
ini dibatasi pada media manipulatif yang berupa buku bacaan, kertas karton
dengan materi bilangan pecahan.
Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan pada
kelas(PTK) IV MI Muhammadiyah 2 Rambeanak dan dilaksanakan dalam II
siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan yang meliputi
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dimana refleksi pelaksanaan
siklus sebelumnya menjadi acuan untuk siklus selanjutnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan, rata-rata prestasi belajar pra siklus yang
diperoleh adalah 58,65 meningkat menjadi 67,69 pada siklus I dan meningkat
menjadi 82,88 pada siklus II, sehingga selalu mengalami peningkatan dari pra
siklus ke siklus I ke Siklus II. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan
menggunakan media manipulatif pada pembelajaran matematika siswa kelas IV
MI Muhammadiyah 2 Rambeanak Mungkid Magelang dapat meningkatkan hasil
belajar.}
}