@phdthesis{digilib14253, month = {June}, title = {UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG KELOMPOK A MELALUI METODE BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR DI RA MUSLIMAT NU TUGUREJO TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014 }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 12458212 SRI WINARTI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si. }, keywords = {Kata Kunci: Kemampuan Membilang, Kartu Angka Bergambar }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14253/}, abstract = {Sri Winarti, Upaya Meningkatkan Kemampuan Membilang Kelompok A Melalui Metode Bermain Kartu Angka Bergambar di RA Muslimat NU Tugurejo Tempuran Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014 Guru Taman Kanak-kanak perlu menguasai konsep-konsep matematika sederhana yang sesuai untuk anak. Di RA Muslimat NU Tugurejo Tempuran Magelang pada saat proses pembelajaran, guru terlalu menguasai kelas (dominan), dan guru kurang memanfaatkan media pembelajaran yang tepat untuk anak. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode dan media yang tepat, sehingga pembelajaran membilang mudah diterima oleh anak, salah satu metodenya adalah metode bermain kartu angka bergambar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana penerapan metode bermain kartu angka bergambar pada pembelajaran kemampuan membilang siswa kelompok A di RA Muslimat NU Tugurejo Tempuran Magelang, (2) Bagaimana kemampuan membilang siswa kelompok A di RA Muslimat NU Tugurejo Tempuran Magelang setelah menggunakan metode bermain kartu angka bergambar Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil tes belajar siswa tiap akhir siklus, aktivitas guru dan siswa yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan keaktifan siswa, (2) adanya peningkatan kemampuan membilang siswa yaitu pada siklus I, kemampuan membilang mencapai 70\%, sedangkan pada siklus II mencapai 90\% dari seluruh siswa kelompok A RA Muslimat NU Tugurejo. Kesimpulan yang dapat ditarik oleh peneliti adalah melalui Metode Bermain Kartu Angka Bergambar dapat meningkatkan kemampuan membilang anak kelompok A di RA Muslimat NU Tugurejo Tempuran Magelang. } }