@phdthesis{digilib14255,
           month = {July},
           title = {UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
DENGAN METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE
SISWA KELAS V MI SUKOSARI BANDONGAN
MAGELANG 2013/2014},
          school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA},
          author = {NIM.  13485304 WIWIK NUR KHOLIFAH },
            year = {2014},
            note = {Pembimbing :  Drs. Ahmad Saud Asrori M,Si
},
        keywords = {Kata kunci: Metode every one is a teacher here, hasil belajar, pembelajaran IPS



},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14255/},
        abstract = {Wiwik Nur Kholifah, ?Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan
Metode Every One Is A teacher Here Kelas V MI Sukosari Bandongan Magelang.
Skripsi Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, 2014.
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial memerlukan sebuah pendekatan
yang lebih memberdayakan siswa dengan harapan siswa mampu membangun
(mengkonstruksikan) pengetahuan dalam benak mereka, bukan menghafal fakta..
Sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Namun dalam realitanya proses
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Sukosari Bandongan Magelang
selama ini masih secara konvensional, yaitu masih menggunakan model ceramah
atau ekspositori, di mana siswa masih menjadi obyek pembelajaran. Maka metode
yang digunakan peneliti adalah metode pembelajara active learning, tipe every
one is a teacher here, , dan dari metode ini tercipta belajar mandiri maupun
belajar bersama antar siswa dengan guru sebagai fasilitator.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah
hasil belajar pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum diterapkannya metode
pembelajaran active learning tipe every one is a teacher here?, (2) Bagaimanakah
penerapan metode pembelajaran active learning tipe every one is a teacher here
dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial?, (3)Apakah penerapan pembelajaran
active learning tipe every one is a teacher here dapat meningkatkan prestasi atau
hasil belajar siswa?
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,
tindakan , observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi:
data tentang hasil belajar siswa, Metode observasi ini dilakukan untuk
mendapatkan data yang benar-benar dipercaya atau lebih mendekati kebenaran,
sehingga perlu peneliti melaksanakan observasi di lapangan. Adapun indikator
keberhasilan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Nilai siswa mencapai
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65, (2) Sebanyak 75\% dari jumlah
siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal.
Hasil pengamatan pembelajaran dengan metode pembelajaran active
learning tipe every one is a teacher here yaitu pada siklus 1 hasil belajar siswa
diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 63,33 dan ketuntasan mencapai 50 \%
atau ada 6 siswa yang sudah tuntas dari 12 siswa. Pada siklus I rata-rata hasil
belajar adalah 63,33 dengan presentase ketuntasan 50 \%, sedangkan pada siklus II
rata-rata presentase hasil belajar adalah 75,42 dengan presentase ketuntasan 83,33
\%.

}
}