%0 Thesis %9 Skripsi %A YATIMAH , NIM. 10416018 %B PERPUSTAKAAN %D 2014 %F digilib:14256 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K KOMPETENSI KEPRIBADIAN, KECERDASAN EMOSIONAL, %P 101 %T KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS II SD NEGERI 1 CEPEDAK BRUNO PURWOREJO TAHUN 2013/2014 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14256/ %X Kompetensi Kepribadian Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas II SD Negeri 1 Cepedak Bruno Purworejo Tahun 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruaan UIN Sunan Kalijaga 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa berdasarkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam perbaikan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menekan pada catatan lapangan. Sumber dari penelitian ini adalah metode diskriptif-analisis. Adapun data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode triangulasi yang meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi yang nantinya akan diketahui kompetensi kepribadian guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa kelas II SD Negeri 1 cepedak Bruno purworejo tahun 2013/2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kompetensi kepribadian guru PAI SD Negeri 1 Cepedak Bruno Purworejo sudah berjalan dengan baik hal ini terbukti dengan adanya perubahan emosional positif dalam diri siswa yang dapat dilihat dari hasil prestasi, etika pergaulan, budipekerti, motivasi dan kemampuan mereka bersosialisasi dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Usaha yang dilakukan guru PAI diantaranya adalah diantaranya menumbuhkan sikap empati sebagai teladan. Selain itu guru juga menerapkan pembelajaran multisensory, menanamkan rasa hormat, kepada siswanya. Faktor yang menjadi penghambat guru adalah adanya perbedaan antar individu yang meliputi pembawaan, bakat, minat, kecenderungan gaya belajar dan sebagainya. Adapun faktor pendukungnya adalah profesionalitas dan kompetensi guru. %Z Pembimbing : Drs. Sarjono, M.Si,