@phdthesis{digilib14258, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN MODUL KIMIA ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) MATERI POKOK GEOMETRI MOLEKUL DAN HIBRIDISASI UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER GASAL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 10670038 MAFIKA YEKTI ARWENI}, year = {2014}, note = {Pembimbing: 1. Fitri Yuliawati, M.Pd.Si}, keywords = {penelitian pengembangan, modul kimia elektronik, SAVI, geometri molekul, hibridisasi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14258/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan 4D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ciri proses dan karakteristik modul kimia elektronik berbasis pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Materi Pokok Geometri Molekul dan Hibridisasi untuk SMA/MA kelas X semester gasal. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui kualitas modul kimia elektronik berbasis pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Materi Pokok Geometri Molekul dan Hibridisasi untuk SMA/MA kelas X semester gasal. Pengembangan Modul Kimia Elektronik ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dan penilaian dari dua dosen ahli (ahli materi, dan ahli media) dan tiga guru serta respon 10 siswa SMA/MA di Yogyakarta. Instrumen penilaian Modul Kimia Elektronik berupa lembar skala 5 yang berisi aspek dengan kriteria tertentu. Penilaian produk Modul Kimia Elektronik meliputi 8 aspek penilaian perangkat pembelajaran yang dijabarkan dalam 30 indikator penilaian.Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas Modul Kimia Elektronik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul Kimia Elektronik berbasis SAVI menurut penilaian ahli materi memperoleh skor 75 dengan persentase keidealan 83,5\% sehingga memiliki kategori Sangat Baik (SB), sedangkan menurut penilaian ahli media memperoleh skor 55 dengan persentase keidealan 83,92\% sehingga memiliki kategori Sangat Baik (SB), menurut penilaian tiga guru IPA SMP/MTs memperoleh skor 382 dengan persentase keidealan 84,88\% sehingga memiliki kategori Sangat Baik (SB), dan dari respon 10 siswa diperoleh skor 198 dengan persentase keidealan 82,5\%, sehingga produk Modul Kimia Elektronik tersebut layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru serta respon siswa dalam pembelajaran SMA/MA di sekolah. Kata kunci: penelitian pengembangan, modul kimia elektronik, SAVI, geometri molekul, hibridisasi} }