%A  NIM.  12485112 SUDARTI
%O Pembimbing :  Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si

%T MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA
DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY
PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF
NGARGOSOKO SRUMBUNG
MAGELANG

%X Sudarti. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa
melalui Metode Pembelajaran Discovery IPA Kelas III MI Ma’arif
Ngargosoka, Srumbung, Magelang. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Yoyakarta. 2014.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah berdasarkan observasi
awal prosesntase ketuntasan belajar siswa masih rendah dapat dilihat dari
ulangan harian pokok bahasan gerak benda. Hal ini disebabkan guru masih
menggunakan model pembalajaran yang konvensional saja sehingga sebagian
siswa enggan mendengatkan dan merasa jenuh dalam mengikuti
pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa adalah dengan menerapkan Metode Pembelajaran
discovery dengan kerja kelompok. Metode Pembelajaran discovery sering
dikenal dengan nama metode penemuan. Metode ini dirancang agar siswa
mau bertanya dan kemudian menemukan jawaban mereka sendiri melalui
praktek. Kerja kelompok menuntut siswa untuk bisa bekerja sama antara satu
dengan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa melalui Metode Pembelajaran interaktif dengan kerja
kelompok di MI Ma’arif Ngargosoka Srumbung Magelang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari
dua siklus kegiatan. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas
dengan mengikuti prosedur Kemmis S, MC Toggar R yang mencakup
kegiatan : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi dan 4) Refleksi.
Subyek penelitian adalah siswa siswi kelas III MI Ma’arif Ngargosoka
Srumbung Magelang. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes,
wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data penelitian dengan
menggunakan prosentase ketuntasan belajar. Sedang untuk memeriksa
keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kinerja belajar siswa
meningkat setelah melaksanakan proses pembelajaran IPA menggunakan
Metode Pembelajaran interaktif. Siswa sangat antusias membahas topik
dalam diskusi dan berusaha menjawab dan menemukan informasi tentang
topik itu. Setelah dilakukan pembagian tugas kelompok siswa bekerja sesuai
dengan tugas masing-masing; 2) Prestasi belajar siswa meningkat setelah
mengalami pembelajaran interaktif dengan tugas kelompok. Pada siklus I
prestasi yang mencapai ketuntasan sebesar 75% dan pada siklus II sebesar
100%. Dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 25%


%D 2014
%I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
%L digilib14260