TY  - THES
N1  - Pembimbing :  Dr.Sukiman

ID  - digilib14261
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14261/
A1  - WAHYUTI , NIM.13485294
Y1  - 2014/07/11/
N2  - Wahyuti,?Penerapan Strategi Saint Tehnologi Masyarakat untuk
Meningkatkan Kemampuan Mendeskripsikan Bumi Pada Pembelajaran IPA Kelas
V MI Ma?arif Karangpakel Trucuk Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014?. Skripsi ,
Yokyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014.
Dalam pembelajaran IPA, siswa harus dilibatkan secara aktif untuk
mengetahui permasalahan yang terjadi di alam sekitar seiring dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi. Jika hal tersebut tidak tercakup
dalam pembelajaran dapat berpengaruh pada penguasaan konsep IPA dan akan
mempengaruhi prestasi belajar siswa. Di MI Ma?arif Karangpakel dalam proses
pembelajaran masih kurang bervariasi dalam menggunakan pendekatan
pembelajaran, siswa belum aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah
tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan pendekatan strategi
pendekatan sains teknologi masyarakat yang menuntut siswa untuk aktif, berani
mengemukakan pendapat, mengetahui permasalahan di masyarakat dan
mengetahui cara mengatasi masalah yang ada. Permasalahan yang dikaji dalam
penelitian adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar struktur bumi melalui
pendekatan sains teknologi masyarakat pada siswa kelas V MI Ma?arif
Karangpakel.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan mendeskripsikan struktur bumi dalam pembelajaran
IPA. Penelitian ini dilakukakan secara kolaborasi antara guru matematika, kepala
sekolah dan peneliti bersifat praktis, situasiona,l dan kondisional berdasarkan
permasalahan yang muncul dalam pembelajaran. PTK adalah kajian sistematik
dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru
dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi
mereka mengenai hasil tindakan tersebut. Dalam Penelitian Tindakan Kelas,
peneliti melakukan suatu tindakan yang secara khusus diamati terus menerus,
kemudian diadakan perubahan terkontrol sampai pada upaya maksimal dalam
bentuk tindakan yang paling tepat. PTK ini merupakan kegiatan pemecahan
masalah yang dimulai dari: a) perencanaan b) penelitian, c) observasi, dan d)
refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa tersebut
tampak dari prosentase ketuntasan dalam pembelajaran yaitu rata-rata nilai pre
test adalah 55.90 dengan presentase ketuntasan 27.27 %. Pada siklus I rata-rata
hasil belajar adalah 67.72 dengan presentase ketuntasan 54.54 %, sedangkan pada
siklus II rata-rata hasil belajar 83.18 dengan presentase ketuntasan 100 %. Ratarata
hasil belajar siklus I dan siklus II adalah75.45.


PB  - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
KW  - Kata Kunci : Pembelajaran IPA SD/MI
KW  -  Saint Tehnologi Masyarakat.




M1  - skripsi
TI  - PENERAPAN STRATEGI SAINS TEKNOLOGI
MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI PADA
PEMBELAJARAN IPA KELAS V MADRASAH IBTIDA?IYAH
MA?ARIF KARANGPAKEL TRUCUK KLATEN
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

AV  - restricted
ER  -