%A NIM. 12485257 SITI MALICHAH %O Pembimbing : Drs.H. JamrohLatief, M.Si %T EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT NU DEYANGAN 2 MERTOYUDAN MAGELANG %X Siti Malichah,Efektifitas Penerapan Metode Flash CardUntuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia DiniDi RA Muslimat NU Deyangan 2 Mertoyudin Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya tuntutan kondisi yang terjadi saat ini yang menuntut anak RA untuk mampu membaca karena saat ini persyaratan tes untuk masuk ke SD atau MI sebagian besar sudah memberlakukan peraturan bahwa anak harus sudah mampu membaca. Oleh karena itu guru RA harus mendesain suatu pembelajaran yang dapat mengajak anak untuk belajar membaca tanpa dia harus merasa tertekan. Untuk mencapai harapan dan memecahkan persoalan ini maka penulis mengusulkan kepada guru kelas untuk mencoba metode Flash Card. Dengan metode ini anak tidak cepat bosan karena pembelajaran yang memerlukan waktu singkat dan tidak membuang banyak tenaga. Konsentrasi anak menjadi fokus. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaiman penerapan metode Flash Carduntuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini dan bagaimana Keefektifan Metode Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di RA Muslimat NU Deyangan 2 Mertoyudan Magelang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif. Dalam kegiatan penelitian yang menjadi sumber informasi adalah: guru kelas dan anak kelas B. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan: (1) Efektifitas Penerapan Metode Flash Carduntukmeningkatkankemampuananak usia dini di RA Muslimat NU Deyangan 2 dilaksanakandengan 2 siklus.Secarakeseluruhanpelaksanaantindakanberjalandenganlancarsesuaidenganrencana yang telahdisusundandilakukanrefleksidisetiapsiklusnya.Terjadiperubahandalamkemampuanmemb acapesertadidikdalammengikutipelajaran;(2) Dalampelaksanaanpembelajarandenganpenerapanmetodeflash cardanak yang tadinyamalu, penakutdanengganmembacasertakurangaktifdalammengikutipembelajaransetelahdiberitindak ananaksemakinberaniuntukmembacadanlebihsemangatuntukbelajar;(3) penerapanmetodeflashcarduntukmeningkatkankemampuananakusiadinicukupberhasil. Hal inibisadilihatdaripeningkatan yang terjadidariprasiklus, siklus I, dansiklus II.Padasiklusada 3 anak yang mampumembaca 2-3 kata dalam 10 detik.Padasiklus I menjadi 10 anak yang mampumembacadanpadasiklus II ada 14 anak yang mampumembaca. %K Kata Kunci :Flas Card, KemampuanMembaca, AnakUsiaDini %D 2014 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %L digilib14266