TY - THES ID - digilib14273 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14273/ A1 - GESANG SETYO AJI , NIM. 10416019 Y1 - 2014/06/18/ N2 - GESANG SETYO AJI. Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dengan Sistem Program Plus di SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Manajemen Kurikulum Program Plus SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan utuk pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : Implementasi manajemen kurikulum PAI dengan system program plus di SD Muhammadiyah Sukonandi tidak jauh beda dengan manajemen kurikulum PAI di sekolah lain yang meliputi kegiatan perencanaan, penggorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum. 1) Perencanaan kurikulum Program Plus di SD Muhammadiyah Sukonandi meliputi penyusunan berbagai program yaitu menyusun rencana kerja sekolah, pengembangan Silabus, menyusun rencana kerja sekolah dan RPP sebagai konsekwensi penguatan KTSP 2) Pengorganisasian, dalam proses pengorganisasian pengembangan kurikulum dengan sistem program plus di SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta terdiri dari pengorganisasian pendidik/guru dan bahan ajar. 3) Pelaksanaan, dalam pelaksanaan kurikulum program plus di SD Muhammadiyah Sukonandi menerapkan prinsip keterpaduan antara orang tua. 4) Evaluasi Program Plus dilakukan dengan dua sistem yaitu evaluasi formal yang terdiri dari buku monitoring harian, ulangan harian, Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS) dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) baik tulis maupun praktek dan pengadaan raport. Evaluasi informal terdiri dari menyelenggarakan musabaqah program plus, menyelenggarakan wisuda siswa dan menerbitkan ijazah atau sertifikat wisuda. Serta evauasi menerapkan tiga model evaluasi, yaitu evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi produk. Evaluasi input dilakukan dengan memberikan penilaian/tes kepada calon siswa baru untuk mengetahui kemampuannya dalam mengikuti program yang diselenggarakan sekolah. Evaluasi proses dilakukan dengan melakukan supervisi baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil yang dicapai dalam penerapan manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam dengan system Program Plus di SD Muhammadiyah Sukonandi adalah semakin bertambahnya pengetahuan dan kemampuan siswa terutama pada aspek Al-Qur?an. Selain itu, pelaksanaan Program Plus juga memberikan dampak positif kepada prestasi siswa dan sebagai daya jual (branding) SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta untuk bersaing dalam pasar pendidikan khususnya di kota Yogyakarta. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SISTEM PROGRAM PLUS DI SD MUHAMMADIYAH SUKONANDI YOGYAKARTA AV - restricted ER -