relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/ title: MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SOMOGEDE, PITURUH, PURWOREJO (STUDI KASUS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH 3T; TERPENCIL, TERTINGGAL, TERLUAR) creator: RINAFIAH ANDAYANI , NIM. 10416003 subject: Pendidikan Agama Islam description: RINAFIAH ANDAYANI. Manajemen Pembelajaran Di SD negeri Somogede, Pituruh, Purworejo (Studi Kasus Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah 3T; Terpencil, Tertinggal, Terluar). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengetahui problem yang dihadapi guru dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI di SD Negeri Somogede Pituruh Purworejo serta untuk mengetahui penyelesaian masalah yang dihadapi guru dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran di sekolah yang terpencil, tertinggal dan terluar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan dan perbaikan pelaksanaan manajemen pembelajaran di sekolah dasar yang terpencil, tertinggal dan berada di wilayah terluar suatu kecamatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus observasi dengan mengambil latar SD Negeri Somogede Pituruh Purworejo, sekolah yang berada di wilayah terpencil dan terluar dari wilayah kecamatan Pituruh dan paling sulit dijangkau. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Analisis data dilakukan dengan terlebih dahulu memfokuskan pada data yang penting kemudian disajikan dalam teks yang bersifat naratif, grafik atau chart dan ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Manajemen Pembelajaran di SD Negeri Somogede Pituruh Purworejo dibagi menjadi empat yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Pada perencaanaan pembelajaran SD Negeri Somogede mengacu pada UU No. 20 tahun 2003 tentang Standar Pendidikan Nasional dan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran SD Negeri Somogede mengacu pada pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). (2) Masalah yang ada dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran di SD Negeri Somogede meliputi kondisi dan letak geografis sekolah, keadaan tenaga pengajar, karyawaan, peserta didik dan masyarakat. (3) Usaha dan tindakan yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk menyelesaikan problem atau masalah yang ada antara lain dengan perbaikan gedung sekolah serta sarana transportasi yang dilakukan dengan kerja sama pihak sekolah, masyarakat dan pemerintah serte pengusulan penambahan tenaga pengajar. Motivasi dari guru Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan bimbingan dan konseling kepada siswa sangat diperlukan. Penyelesaian terhadap problem pembelajaran yang ada harus lebih dimaksimalkan lagi agar proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan maksimal dan menghasilkan kualitas yang baik. date: 2014-06-10 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/2/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/2/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/3/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/4/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/5/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/6/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/7/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/8/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/9/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/14/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/15/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/16/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/17/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/18/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/19/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/20/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14277/21/small.jpg identifier: RINAFIAH ANDAYANI , NIM. 10416003 (2014) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SOMOGEDE, PITURUH, PURWOREJO (STUDI KASUS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH 3T; TERPENCIL, TERTINGGAL, TERLUAR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.