%0 Thesis %9 Skripsi %A SURYATI , NIM. 10416022 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:14280 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %T PENANAMAN ADAB SOPAN SANTUN SISWA TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14280/ %X SURYATI. Penanaman Adab Sopan Santun Siswa terhadap Guru Pendidikan Agama Islam Di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta, merupakan salah satu sekolah faforit yang bernuansa islami, berbagai sarana dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran lengkap, tetapi dilihat dari sisi sopan santun siswa, masih banyak yang perlu untuk ditumbuhkan. Karena itu penanaman adab sopan santun siswa sangat penting. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi adalah bagaimana bentuk penanaman adab sopan santun siswa terhadap guru PAI, apa metode yang digunakan, apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses penanaman adab sopan santun siswa terhadap guru PAI di SD Muhammadiyah Kleco kotagede Yogyakarta, mengetahui metode yang digunakan dalam penanaman adab sopan santun, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta pegumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Pengolahan data dengan menggunakan langkah-langkah yaitu: reduksi data, data display (penyajian data), triangulasi dan menyimpulkan data. Hasil penelitian: (1) Penanaman adab sopan santun dilakukan dengan membiasakan disiplin, tatakrama, rasa empati, cerita kisah-kisah dalam Al Qur’an, serta monitoring (2) Metode yang digunakan adalah: metode keteladanan, metode anjuran, metode pembiasaan, metode ceramah, dan metode sanksi. Faktor pendukung dalam penanaman adab sopan santun siswa terhadap guru PAI adalah kesadaran siswa, tradisi sekolah, kebersamaan guru , motivas dan dukungan orangtua. Faktor penghambatnya adalah latar belakang siswa yang kurang baik, orangtua yang tidak konsisten memantau anak, lingkungan pergaulan, serta pengaruh tayangan televisi.