%A NIM. 08470016 ZAIN NAHAWAN FAJRI %O Pembimbing : Dr. Na’imah, M.Hum %T MOTIVASI GURU FIQH DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN SHOLAT BERJAMA’AH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JATIMULYO KULON PROGO YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang motivasi guru fiqh dalam meningkatkan kegiatan kegiatan sholat berjamaah di MTs Negeri Jatimulyo Kulon Progo. Hasil penelitian ini di harapkan dapat di gunakan untuk mengetahui bagaimana dan dengan cara apa guru fiqh memberikan motivasi dan dukungan untuk meningkatkan kegiatan sholat berjamaah di MTs Negeri Jatimulyo Kulon Progo, serta memberikan sumbangan kepada MTs Negeri Jatimulyo tentang pentingnya kegiatan sholat berjamaah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs Negeri Jatimulyo Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan , wawancara dan dokumentasi. analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah daapat di tarik kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Sebelum guru fiqh memberikan motivasi dan dukungan terhadap kegiatan sholat berjamaah di MTs Negeri jatimulyo Kulon Progo, kegiatan sholat berjamaah belum bisa dikatakan baik karena siswa belum begitu sadr akan penting nya sholat berjamaah dan juga siswa belum begitu tau tentang tata cara sholat dan bacaan-bacaan yang ada di dalam nya. (2) Cara yang dilakukan Guru Fiqh dalam memberikan Motivasi dalam meningkatkan kegiatan sholat berjamaah di MTs Negeri Jatimulyo Kulon Progo dengan menggunakan metode yang meliputi: metode pembiasaan sholat, metode pendekatan psikology, metode dorongan dan nasihat, memberikan suri tauladaan, menciptakan suasana kegiatan sholat berjamaah yang kondusif, melalui hadiah dan hukuman, melalui absensi dan menyediakan sarana prasarana untuk melaksanakan kegitan sholat berjamaah siswa di madrasah. (3) Hasil dari motivasi guru fiqh dalam meningkatkan kegiatan sholat berjamaah di MTs Negeri Jatimulyo Kulon Progo siswa menjadi rajin sholat berjamaah disekolah dan di rumah dikarenakan peraturan dari sekolah dan motivasi dari guru fiqh. Dan dar data di atas kegiatan sholat berjamaah di MTs Negeri Jatimulyo dapat dikatakan secara kognitif dikategorikan cukup baik, secara afektif dikategorikan cukup baik dan secara psikomotorik pun bisa dikategorikan cukup baik. %K motivasi guru, kegiatan sholat berjama'ah. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib14287