TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. H. Sarjono, M.Si, ID - digilib14293 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14293/ A1 - DAYU NURUSYDAH , NIM. 06410136 Y1 - 2014/10/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang tujuan memotivasi belajar dan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajarnya, terutama siswa SMK Al Ihya Banjarsari serta hasil yang dicapai dari upaya-upaya yang dilakukan oleh guru SMK Al Ihya Banjarsari. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan upaya yang ditempuh oleh guru SMK Al Ihya Banjarsari dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMK Al Ihya Banjarsari. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara mendalam, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah menjelaskan tujuan belajar ke peserta didik, membangkitkan minat siswa, menciptakan suasana menyenangkan, menggunakan metode yang bervariasi, memberikan quis dan memberikan hukuman pada siswa. 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah lingkungan belajar yang nyaman, komunikasi yang baik antara guru dan siswa dan bahan ajar yang memenuhi standard kurikulum. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya alokasi waktu, kualitas media belajar yang belum optimal dan kondisi gedung yang kurang memadai. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - upaya guru KW - motivasi belajar M1 - skripsi TI - UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK AL-IHYA BANJARSARI CIAMIS AV - restricted EP - 100 ER -