TY - JOUR ID - digilib14327 UR - http://dx.doi.org/10.14421/jpi.2014.31.115-134 IS - 1 A1 - Wahyono, Andi Y1 - 2014/// N2 - This paper is going to discuss and to provide solutions for the problems of dualism policy in the Islamic higher education institution. The effort to integrate religious education and general education has not reached a satisfactory result. Several concepts have been offered, but they still leave the problems off dualism policy in the Islamic higher education institution. Therefore, I offer the concept of hybridization of higher educations. This endeavor is very urgent to be done because there is a tendency of Islamic higher education institutions and general higher education institutions to be more apart, although there are the offers of concept of science Islamization, Islam as Science, or the integration and interconnection of science. Tulisan ini hendak mempersoalkan sekaligus memberi solusi terhadap permasalahan dualisme kebijakan lembaga pendidikan tinggi islam. Upaya memadukan pendidikan agama dan pendidikan umum belum sampai pada kata memuaskan. Beberapa konsep sudah ditawarkan namun masih menyisakan persoalan berupa dualisme kebijakan lembaga pendidikan tinggi Islam. Oleh karena itu, saya menawarkan konsep tentang hibridasi lembaga pendidikan tinggi. Usaha ini sangat mendesak untuk dilakukan karena ada kecenderungan lembaga pendidikan tinggi Islam dan lembaga pendidikan tinggi umum justru semakin berjalan sendiri-sendiri, sekalipun sudah ada tawaran konsep tentang Islamisasi ilmu, Islam sebagai ilmu, ataupun integrasi dan interkoneksi keilmuan. JF - Jurnal Pendidikan Islam VL - 3 KW - Pendidikan Islam KW - hibridasi SN - 2301-9166 TI - Kebijakan Pendidikan Islam: Hibridasi Lembaga Pendidikan Tinggi AV - public ER -