@phdthesis{digilib14362, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA UNTUK SMP/MTs KELAS IX SEMESTER GANJIL }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 07680023 MUHAMMAD BAGUS PAMUJI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Yuni Wibowo, M.Pd. }, keywords = {Kata kunci : Media Pembelajaran, Komik Biologi, Penelitian Pengembangan }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14362/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan komik biologi pada materi sistem saraf manusia yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran biologi SMP/MTs kelas IX semester ganjil dan mengetahui kualitas komik biologi yang dikembangkan sebagai media pembelajaran biologi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan menggunakan desain penelitian model ADDIE, tetapi pada penelitian ini hanya dibatasi pada tahap analisis (Analysis), tahap perencanaan (Design) dan tahap pengembangan (Development). Instrumen penilaian kualitas komik biologi berupa lembar. Produk komik biologi dinilai oleh 1 orang dosen ahli media, 1 orang dosen ahli materi, 5 orang peer reviewer, 2 orang guru biologi dan 15 siswa kelas IX MTs Al-Falaah Pandak Bantul. Data kualitas yang diperoleh dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Data kualitatif dikonversi menjadi kuantitatif guna mengetahui kategori penilaian ideal. Hasil penelitian berupa pengembangan komik biologi materi sistem saraf manusia. Kualitas komik berdasarkan penilaian ahli materi, yaitu Sangat Baik (SB) dengan persentase ideal 91,33\%, penilaian ahli media, yaitu Baik (B) dengan persentase 76,9\%, penilaian guru, yaitu Baik (B) dengan persentase 82,10\%, penilaian peer reviewer, yaitu Sangat Baik (SB) dengan persentase 88,31\%, dan persentase penilaian berdasarkan tanggapan siswa 86,75\%. Berdasarkan hasil penilaian dari masing-masing menunjukkan bahwa Komik Biologi Pada Materi Sistem Saraf Manusia untuk SMP/MTs Kelas IX Semester Ganjil memiliki kualitas baik sehingga berpeluang untuk digunakan dalam pembelajaran. } }