TY - THES N1 - Pembimbing : Ika Kartika, M.Pd.Si. ID - digilib14363 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14363/ A1 - DIAH SUKMAWATI , NIM. 07690032 Y1 - 2014/10/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan pengaruh strategi context rich problems dan problem based learning terhadap hasil belajar konsep fluida pada program produktif teknik kendaraan ringan siswa kelas XI SMK YPB Purwakarta, 2) Efektivitas penggunaan strategi context rich problems dan problem based learning terhadap hasil belajar konsep fluida pada program produktif teknik kendaraan ringan siswa kelas XI SMK YPB Purwakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan non equivalen control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI teknik kendaraan ringan SMK YPB Purwakarta, sedangkan sampel yang dipakai adalah siswa kelas XI TKR 1 sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas XI TKR 2 sebagai kelompok eksperimen 2. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar pretest dan posttest dalam bentuk tes uraian. Teknik analisa data untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi menggunakan analisis uji-t, terhadap nilai posttest yang sebelumnya sudah diuji terlebih dahulu tingkat normalitas dan homogenitasnya. Untuk menguji efektivitas penggunaan strategi digunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan pengaruh antara strategi context rich problems dan strategi problem based learning terhadap hasil belajar konsep fluida pada program produktif teknik kendaraan ringan siswa kelas XI SMK YPB Purwakarta (diuji menggunakan t-test pooled varian dengan hasil thitung -0,058 < ttabel 2,069 yang berarti H0 diterima). 2) penggunaan strategi context rich problems dan problem based learning efektif dengan perolehan nilai N-gain 0,387 dan 0,394, kedua strategi tersebut berada pada kategori efektivitas sedang. Adapun strategi problem based learning lebih baik 5% dari pada strategi context rich problems (diuji menggunakan uji effect size dengan hasil 0,05 < 0,2 berada pada klasifikasi rendah) PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci: strategi context rich problems KW - strategi problem based learning KW - dan konsep fluida. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS STRATEGI CONTEXT RICH PROBLEMS DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP FLUIDA PADA PROGRAM PRODUKTIF TEKNIK KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI SMK YPB PURWAKARTA AV - restricted ER -