eprintid: 14363 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/43/63 datestamp: 2014-10-31 03:29:04 lastmod: 2016-02-11 07:00:10 status_changed: 2014-10-31 03:29:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DIAH SUKMAWATI , NIM. 07690032 title: EFEKTIVITAS STRATEGI CONTEXT RICH PROBLEMS DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP FLUIDA PADA PROGRAM PRODUKTIF TEKNIK KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI SMK YPB PURWAKARTA ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: strategi context rich problems, strategi problem based learning, dan konsep fluida. note: Pembimbing : Ika Kartika, M.Pd.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan pengaruh strategi context rich problems dan problem based learning terhadap hasil belajar konsep fluida pada program produktif teknik kendaraan ringan siswa kelas XI SMK YPB Purwakarta, 2) Efektivitas penggunaan strategi context rich problems dan problem based learning terhadap hasil belajar konsep fluida pada program produktif teknik kendaraan ringan siswa kelas XI SMK YPB Purwakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan non equivalen control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI teknik kendaraan ringan SMK YPB Purwakarta, sedangkan sampel yang dipakai adalah siswa kelas XI TKR 1 sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas XI TKR 2 sebagai kelompok eksperimen 2. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar pretest dan posttest dalam bentuk tes uraian. Teknik analisa data untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi menggunakan analisis uji-t, terhadap nilai posttest yang sebelumnya sudah diuji terlebih dahulu tingkat normalitas dan homogenitasnya. Untuk menguji efektivitas penggunaan strategi digunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan pengaruh antara strategi context rich problems dan strategi problem based learning terhadap hasil belajar konsep fluida pada program produktif teknik kendaraan ringan siswa kelas XI SMK YPB Purwakarta (diuji menggunakan t-test pooled varian dengan hasil thitung -0,058 < ttabel 2,069 yang berarti H0 diterima). 2) penggunaan strategi context rich problems dan problem based learning efektif dengan perolehan nilai N-gain 0,387 dan 0,394, kedua strategi tersebut berada pada kategori efektivitas sedang. Adapun strategi problem based learning lebih baik 5% dari pada strategi context rich problems (diuji menggunakan uji effect size dengan hasil 0,05 < 0,2 berada pada klasifikasi rendah) date: 2014-10-12 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DIAH SUKMAWATI , NIM. 07690032 (2014) EFEKTIVITAS STRATEGI CONTEXT RICH PROBLEMS DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP FLUIDA PADA PROGRAM PRODUKTIF TEKNIK KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI SMK YPB PURWAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14363/2/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14363/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf