%A NIM. 10670018 GITA RAHMAWATI %O Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si. %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP NILAI KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA SISWA KELAS X SMAN 1 BAMBANGLIPURO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap nilai kerjasama siswa. 2) pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kognitif kimia. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Pre-test dan Post-test Group Design. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Bambanglipuro Bantul kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014 pada Materi Pokok Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X4 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X3 (sebagai kelas kontrol). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan cara ujian yakni pre-test dan post-test, pengisian skala kerjasama, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan 1) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap nilai kerjasama siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig.(2-tailed) dari uji t > 0,05 yaitu sebesar 0,282. 2) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kognitif kimia. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig.(2-tailed) dari Uji Mann Whitney > 0,05 yaitu sebesar 0,953. %K Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe make a match, kerjasama, dan hasil belajar kognitif kimia %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib14364