@phdthesis{digilib14371, month = {August}, title = { HUBUNGAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 07410043 WAJDI MAMDUH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Hj. Marhumah, M.Pd. }, keywords = {Kata kunci: Pembelajaran, Aqidah dan Akhlak, Sikap Keagamaan }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14371/}, abstract = {Wajdi Mamduh. Hubungan Pembelajran Aqidah dan Akhlak dengan Sikap Keagamaan Siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran Aqidah dan Akhlak di SMA Muhammadiyah 3 yogyakarta; (2) sikap keagamaan siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta; (3) hubungan yang signifikan antara pembelajaran Aqidah dan Akhlak dengan sikap keagamaan siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan ex-post facto. Popolusa dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 132 responden dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Uji analisis data menggunakan teknik analisis product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran Akidah dan Akhlak kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam kategori cukup baik dengan 48 responden atau sebanyak 33 \% dari seluruh jumlah sampel penelitian dengan skor 78-85, (2) Sikap Keagamaan Siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta berada dalam kategori cukup baik dengan 50 responden atau 34\% dari jumlah sampel penelitian dengan skor 92- 100, (3) Ada hubungan antara Pembelajaran Aqidah dan Akhlak dengan Sikap Keagamaan Siswa. Pada tabel correlations, terlihat angka koefisien korelasi adalah 0.884. (rxy = 0.884, P=0.000) Jika dilihat dari nilai indeks determinasinya, yaitu r? = 0.78 maka dapat disimpulkan juga bahwa hubungan antara pembelajaran Aqidah dan Akhlak dengan sikap keagamaan siswa sangat kuat. Hal ini karena 78\% sikap keagamaan siswa ditentukan oleh pembelajaran Aqidah dan Akhlak. Sebanyak 22\% disebabkan oleh faktor-faktor lainya yang tidak diteliti. } }