%0 Thesis %9 Skripsi %A WAJDI MAMDUH , NIM. 07410043 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:14371 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Pembelajaran, Aqidah dan Akhlak, Sikap Keagamaan %T HUBUNGAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14371/ %X Wajdi Mamduh. Hubungan Pembelajran Aqidah dan Akhlak dengan Sikap Keagamaan Siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran Aqidah dan Akhlak di SMA Muhammadiyah 3 yogyakarta; (2) sikap keagamaan siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta; (3) hubungan yang signifikan antara pembelajaran Aqidah dan Akhlak dengan sikap keagamaan siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan ex-post facto. Popolusa dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 132 responden dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Uji analisis data menggunakan teknik analisis product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran Akidah dan Akhlak kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam kategori cukup baik dengan 48 responden atau sebanyak 33 % dari seluruh jumlah sampel penelitian dengan skor 78-85, (2) Sikap Keagamaan Siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta berada dalam kategori cukup baik dengan 50 responden atau 34% dari jumlah sampel penelitian dengan skor 92- 100, (3) Ada hubungan antara Pembelajaran Aqidah dan Akhlak dengan Sikap Keagamaan Siswa. Pada tabel correlations, terlihat angka koefisien korelasi adalah 0.884. (rxy = 0.884, P=0.000) Jika dilihat dari nilai indeks determinasinya, yaitu r² = 0.78 maka dapat disimpulkan juga bahwa hubungan antara pembelajaran Aqidah dan Akhlak dengan sikap keagamaan siswa sangat kuat. Hal ini karena 78% sikap keagamaan siswa ditentukan oleh pembelajaran Aqidah dan Akhlak. Sebanyak 22% disebabkan oleh faktor-faktor lainya yang tidak diteliti. %Z Pembimbing : Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.