relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/ title: TINJAUAN FILOSOFIS KOMPONEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB AYYUHĀ AL-WALAD KARYA AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DI MASA SEKARANG creator: KHAERUL FAUZI, NIM. 09410146 subject: Pendidikan Agama Islam description: KHAERUL FAUZI. Tinjauan Filosofis Komponen Pendidikan Islam Dalam Kitab Ayyuhā Al-Walad Karya Al-Ghazali dan Relevansinya di Masa Sekarang. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan Islam masih terus mencari format dan bentuknya yang khas sesuai dengan tuntutan ajaran Islam. Hal tersebut berimplikasi pada pendidikan Islam yang dalam pelaksanaannya terus menerus menemui persoalan. Persoalan yang muncul itu meliputi beberapa hal, yaitu tujuan pendidikan, materi pendidikan, metode pendidikan, guru, dan siswa. Kelima hal ini merupakan komponen pendidikan Islam yang penting. Maka upaya untuk memperbaiki komponen-komponen tersebut perlu kiranya ditinjau dari akar permasalahannya yang bertumpu pada pemikiran filosofis. Sebab segala sesuatunya berangkat dari landasan yang dijadikan pijakan awal. Pemikiran filosofis yang berusaha mempelajari dengan sungguh-sungguh mengenai hakikat sesuatu diharapkan dapat menjadi pemecah kebuntuan atas berbagai masalah dalam komponen pendidikan Islam dengan mengadirkan pemikiran Al-Ghazali yang dikenal dengan julukan Hujjatul Islam. Oleh karena itu, untuk mengatasi berbagai persoalan di dalam komponen pendidikan Islam perlu ditinjau dari pemikiran filosofis dari seorang ahli pikir yang berkompeten di dalam pendidikan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana tinjauan filosofis komponen pendidikan Islam dalam kitab Ayyuhā Al-Walad karya Al-Ghazali, dan bagaimana relevansinya di masa sekarang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam tentang tinjauan filosofis komponen pendidikan Islam dalam kitab Ayyuhā Al-Walad karya Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan dengan menggunakan data kualitatif. Pendekataan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan hermeneutik. Teknik pengumpulan data penulisannya melalui dokumentasi baik terhadap data primer maupun data sekunder, data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan: Pendidikan Islam memiliki komponen tujuan, materi, metode, guru, dan siswa. Kelima hal ini merupakan dasar-dasar yang membangun bangunan pendidikan Islam; untuk mencapai tujuan akhir dari pendidikan Islam, yaitu mendapatkan rida Allah SWT diperlukan tujuan sementara dan relatif; materi pendidikan Islam meliputi akidah, syariat, dan akhlak perlu ditambah dengan materi-materi yang lain; metode pendidikan Islam meliputi cerita, pertanyaan, nasihat, perumpamaan, hukuman dan ganjaran, penugasan, serta penemuan; guru berbeda dengan mursyid; dan siswa harus menjaga kebersihan hatinya serta sabar dan tabah ketika menuntut ilmu pengetahuan. Komponenkomponen pendidikan Islam ini dapat dijadikan pegangan yang kuat dalam penyelenggaraan pendidikan Islam di dalam era globalisasi seperti sekarang. date: 2014-06-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/2/09410146_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/1/09410146_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/11/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/12/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/13/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/14/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/17/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/18/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/19/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/20/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/21/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/22/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/23/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14381/24/small.jpg identifier: KHAERUL FAUZI, NIM. 09410146 (2014) TINJAUAN FILOSOFIS KOMPONEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB AYYUHĀ AL-WALAD KARYA AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DI MASA SEKARANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.