%0 Thesis %9 Skripsi %A AHMAD WAHYU ADI PRABOWO , NIM. 09470161 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:14386 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci : Tanggung jawab, Akidah Akhlak, MTs Negeri Sumberagung %T IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTsN SUMBERAGUNG BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14386/ %X AHMAD WAHYU ADI PRABOWO. Implementasi Nilai-nilai Karakter Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Di MTs Negeri Sumberagung Bantul Yogyakartal. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan sebagai proses menghantarkan peserta didik ke arah yang lebih baik sesuai dengan tujuan pembelajarannya, namun kenyataan masih banyak masalah dan kendala. Diantara sekian banyak problematika yang terjadi salah satunya adalah Demoralisasi.. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan nilai-nilai karakter tanggung jawab, bagaimana implementasi nilai-nilai karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Akidah Akhlak peserta didik, faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi nilai-nilai karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Akidah Akhlak, serta bagaimana hasil implementasi nilai-nilai karakter tanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri Sumberagung Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil lokasi di MTs Negeri Sumberagung Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi Sumber. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pengembangan nilai-nilai karakter tanggung jawab yang bertujuan untuk membina karakter dan tanggung jawab peserta didik tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja ketika pelajaran berlangsung, namun juga dilanjutkan di luar kelas melakukan kegiatan habituasi atau pembiasaan hidup berkarakter. Program pengembnagan nilai-nilai karakter tanggung jawab yang dilakukan di kelas dilanjutkan di luar kelas. Pihak sekolah menerapkan pengembangan nilai-nilai karakter tanggung jawab diluar kelas melalui berbagai macam kebiasaan. (2) Implementasi nilai-nilai karakter tanggung jawab di MTs Negeri Sumberagung tercantum dalam RPP guru meskipun dalam pelaksanaannya langsung diintergrasikan dalam proses pembelajaran, melalui metode PAKEM.. (3) Faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung antara lain adalah : a) proses habituasi, b) adanya dukungan dari dalam dan luar madrasah, c) adanya dukungan dari pihak orang tua/ wali peserta didik terhadap, d) kedekatan emosi antara guru dan peserta didik, e) guru memiliki semangat tinggi ketika mengajar. Sedangkan faktor penghambat terhadap adalah : a) aspek kepribadian peserta didik itu sendiri, b) faktor dari luar dan lingkungan, c) kurangnya perhatian keluarga. (4) Hasil implementasi nilai-nilai karakter tanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Negeri Sumberagung Bantul Yogyakarta, Tanggung jawab kepada Tuhan berjalan dengan baik, Tanggung jawab terhadap manusia berjalan cukup baik dan Tanggung Jawab kepada Alam secara keseluruhan berjalan dengan baik.