TY - THES N1 - Pembimbing : Agus Mulyanto, S.Si., M.Kom. ID - digilib14397 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14397/ A1 - DWI HARY FEBRIANSYAH , NIM. 10650020 Y1 - 2014/10/21/ N2 - Sarana penyampaian informasi pariwisata Yogyakarta biasanya menggunakan internet, pamflet, mulut ke mulut, dll. Buku panduan mungkin akan membuat bosan para wisatawan yang ingin mengenal lebih banyak tentang pariwisata Yogyakarta. Sarana mulut ke mulut yang paling efektifpun sangat terbatas karena tidak dapat dilakukan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sarana pinformasi yang dapat diakses dimanapun dan menarik untuk digunakan. Interactive storytelling visual novel adalah sarana yang akan dibangun sebagai sarana pengenalan dan penyampaian informasi pariwisata Yogyakarta. Game ini menggunakan tahapan pengembangan game yakni identifikasi masalah, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi aplikasi dan pengujian sistem. Sasaran utama pada penelitian ini yaitu perancangan game bertipe visual novel yang interaktif dengan mengimplementasikan metode finite state machine. Game ini dibangun menggunakan Novelty dan konten yang disajikan berbahasa inggris. Game yang dibangun ini mampu menyediakan informasi pariwisata Yogyakarta untuk turis. Game ini diharapkan dapat membantu turis dalam mendapatkan informasi pariwisata yogyakarta dengan waktu yang lebih efisien. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: Finite State Machine KW - Interactive Storytelling KW - Visual Novel KW - Pariwisata Yogykarta KW - Novelty M1 - skripsi TI - INTERACTIVE STORYTELLING VISUAL NOVEL PARIWISATA YOGYAKARTA UNTUK TURIS ASING DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE AV - restricted ER -