TY - UNPB N1 - Pembimbing : Drs. Mu'tasim Radjasa, M.Si. ID - digilib1440 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1440/ A1 - MOHAMMAD FADHOLI - NIM. 04420906, Y1 - 2008/07/28/ N2 - ABSTRAK Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim merupakan madrasah yang dibawah naungan Pondok Pesantren Wahid Hasyim yang menerima siswa-siswi dari berbagai latar belakang, yakni berasal dari latar belakang SD dan MI. Dalam perbedaan heterogenitas tersebut, secara common sense siswanya sudah bisa ditebak, bahwa terdapat perbedaan prestasi bahasa Arab antara siswa yang berlatar belakang SD dan MI. Dan Mengenai hal itu juga seperti yang telah diteliti oleh saudara Ahmad Muslih Sani yaitu yang berjudul quot;prestasi belajar bahasa Arab siswa MTs Negeri Bangil Pasuruan quot; (Studi komparasi Siswa yang berlatar belakang SD dan MI). Dan penelitian yang dilakukan oleh Khoirotun Nisa' dengan judul Studi komparatif tentang prestasi belajar bahasa Arab siswi MA yang berasal dari MTs dan non MTs. Dari kedua penelitian tersebut memberikan hasil kesimpulan yang sama yaitu terdapat perbedaan prestasi yang signifikan. Melihat prolematika tersebut penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai kebijakan MTs Wahid Hasyim Dalam menyikapi heterogenitas Siswa guna meningkatkan prestasi bahasa Arab, yang diharapkan sebagai solusi atau jawaban dari problematika permasalahan heterogenitas. Dalam mengungkap fakta-fakta mengenai permasalahan tersebut, penulis menggunkan metode Wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Dan untuk menganalisa data yang telah terkumpul, penulis menggunkan metode analisa deskriptif kualitatif. Dan untuk menentukan arah penelitian ini, penulis menggunakan teori proses pengambilan kebijakan dan teori pembelajaran. Dalam pengambilan keputusan kebijakan MTs Wahid Hasyim dalam menyikapi heterogenitas siswa sejalan dengan teori rasional komprehensif, karena dari fakta-fakta dapat dikemukakan bahwa sebuah keputusan dapat dikatakan rasional, jika secara tepat dapat digunakan untuk melaksanakan tujuan yang telah ditetapkan. Setelah penulis melakukan penelitian tentang kebijakan Mts Wahid hasyim dalam menyikapi masalah heterogenitas yaitu diperoleh dengan hasil bahwa MTs Wahid Hasyim mempunyai kebijakan dengan mewajibkan semua Siswanya untuk mengikuti kelas takhasus dan program tahfidzul Qur'an. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Heterogenitas siswa KW - MTs Wahid Hasyim KW - Prestasi Bahasa Arab. M1 - skripsi TI - KEBIJAKAN MTs WAHID HASYIM DALAM MENYIKAPI HETEROGENITAS SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BAHASA ARAB DI MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA AV - restricted ER -