@unpublished{digilib1441, month = {July}, title = {PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB PERSPEKTIF QUANTUM TEACHING DI MTsN PERAK JOMBANG}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { MOHAMMAD SIROJIUDIN - NIM. 02421414}, year = {2008}, note = {Pembimbing : Drs. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.}, keywords = {Bahasa Arab, Quantum Teaching.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1441/}, abstract = { ABSTRAK Latar belakang masalah yang menjadi alasan pemilihan judul adalah banyak penelitian yang mengungkapkan metode pembelajaran yang diterapkan guru khususnya guru bahasa arab di lembaga pendidikan cenderung monoton, kemudian muncul metode baru yaitu Quantum teaching yang sudah terbukti keberhasilannya. model Quantum teaching, dan cara untuk mengorkestrasikan proses pengajaran termasuk pengajaran Bahasa Arab.Dengan menerapkan asas utama Quantum teaching, pengajaran Bahasa Arab akan mampu membawa dunia peserta didik ke dalam dunia pengajar dan menngantarkan dunia pengajar ke dalam dunia peserta didik Metode Quantum teaching sendiri sudah diterapkan di madrasah ini, tetapi kenyataanya hasil evaluasi menunjukan nilai ratarata siswa kurang memuaskan, dari latar belakang tersebut saya merumuskan masalahnya yaitu yang pertama: bagaimana proses belajar mengajar Bahasa Arab di MTsN Perak Jombang, yang kedua adalah : Seberapa jauh proses belahar mengajar Bahasa Arab bernuansa atau beriklim menurut konsep dan asas Quantum teaching. Penelitian ini adalah model penelitian kualitatif, kemudian metode pengumpulan datanya adalah (a). metode observasi, (b). metode interview, (c). metode dokumentasi, (d). metode angket. Kemudian metode analisis datanya adalah dengan cara deskriftif analitik karena umumnya data yang dikumpulkan bukan angka, kalaupun ada angka sifatnya hanya menunjang saja. Kemudian setelah melakukan penelitian dan menganalisis data yang sudah terkumpul, penelitian dalam skripsi ini menunjukan bahwa: (a). proses belajar mengajar bahasa arab yang ada di mtsn perak jombang terdiri dari tiga tahap yaitu, pendahuluan yang berisi pretest dan apersepsi, Bagian inti pelajaran adalah berisi tentang tujuan, penyampaian materi, metode, sarana, dan evaluasi. Dan bagian yang terakhir adalah berisi tentang kesimpulan dan saransaran. (b).dalam praktek proses belajar mengajar bahasa arab di MTsN Perak Jombang guru Bahasa Arab masih kurang maksimal dalam menerapkan konsep dan asas dari metode dan falsafah Quantum Teaching, karena kurangnya media dan sarana yang tersedia, akan tetapi guru bahasa arab di madrasah ini sudah faham dengan metode Quantum teaching, hanya saja masih butuh pengalaman lagi, karena metode ini masih dianggap masih baru. } }