eprintid: 1442 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/14/42 datestamp: 2012-06-20 10:46:18 lastmod: 2017-08-04 06:48:44 status_changed: 2012-05-04 16:41:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUALLIFAH - NIM. 03410141- 02, title: KONSEP PENDIDIKAN INTEGRAL DALAM SURAT AL ALAQ AYAT 1-5 (STUDI TERHADAP TAFSIR AL AZHAR KARYA HAMKA) ispublished: unpub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Integral, al Alaq, HAMKA note: Pembimbing : Dra. Hj. Marhumah, M.Pd. abstract: ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian literature ( library research ) yang dilatarbelakangi bahwa pendidikan yang terjadi di Madrasah atau sekolah yang selama ini terjadi dirasa belum mampu mengintegrasikan antara berbagai konsep atau teori keilmuan sains dan dimensi nilai agama seperti nilai etika, nilai teologis, dan lain-lain. Padahal, dalam al-Qur'an terutama dalam surat al-Alaq ayat 1-5 mengandung petunjuk bahwa dalam pendidikan harus ada integrasi antara berbagai ilmu, baik itu ilmu-ilmu umum maupun ilmu-ilmu agama. Hal itu dikarenakan bahwa pada hakekatnya semua ilmu berasal dari Allah SWT. Kemudian penelitian ini ditujukan untuk mengetahui secara mendalam tentang konsep pendidikan integral yang ada dalam al-Qur'an terutama yang terdapat dalam surat al-Alaq ayat 1-5 dan mendeskripsikan tentang konsep pendidikan integral Hamka. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis) yaitu suatu metode analisis yang mendasarkan diri pada isi (makna) suatu teks. Sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan filosofis, yaitu melakukan pemikiran dan perenungan yang terarah, mendalam dan mendasar terhadap penafsiran Hamka atas ayat-ayat al-Qur'an yang berkaitan dengan objek penelitian dengan memperhatikan hukum-hukum berpikir. Penelitian ini menunjukkan bahwa tafsiran Hamka terhadap surat al-Alaq ayat 1-5 memuat konsep pendidikan integral, bahwa dalam pendidikan terdapat kesatuan sistem ilmu pengetahuan sebagai proses hubungan dialektis antara jasmani dan rohani serta lingkungan manusia dalam memahami ayat-ayat Tuhan, serta dalam menuntut ilmu pengetahuan harus selalu menyandarkan kepada Allah SWT. Selain itu, Pendidikan integral menurut Hamka merupakan pendidikan yang ditujukan untuk mewujudkan manusia (peserta didik) yang kaffah. date: 2008-07-28 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-07-28 16:14:10 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--muallifahn-1073-1-muallifa-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/22/digilib-uinsuka--muallifahn-1073-1-muallifa-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=1270 ; nama file lama : MUALLIFAH 03410141-02 KONSEP PENDIDIKAN INTEGRAL DALAM SURAT AL ALAQ AYAT 1-5 (studi terhadap tafsir al Azhar karya HAMKA).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1310084 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: MUALLIFAH - NIM. 03410141- 02, (2008) KONSEP PENDIDIKAN INTEGRAL DALAM SURAT AL ALAQ AYAT 1-5 (STUDI TERHADAP TAFSIR AL AZHAR KARYA HAMKA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1442/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1442/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf