TY - THES N1 - Pembimbing : Eka Sulistiyowati, S.Si., M.A., M.IWM. ID - digilib14443 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14443/ A1 - SIGIT NATALIYA , NIM. 10680036 Y1 - 2014/10/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi dengan biomonitoring terhadap hasil belajar pada ranah kognitif dan karakter peduli lingkungan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Banguntapan Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Expeiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pemilihan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penggunaan metode resitasi dengan biomonitoring dan kelas control dengan penggunaan metode ceramah dan demonstrasi. Alat pengumpulan data adalah tes dan angket. Analisis data menggunakan uji statistic Mann Whitney U-test dan Independent sample T-test. Hasil penelitian ini adalah (1) metode pembelajaran resitasi dengan biomonitoring tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan hasil signifikasi pretes dan postes secara berturut-turut 0,065 dan 0,25 (<0,05). (2) metode pembelajaran resitasi dengan biomonitoring berpengaruh terhadap karakter peduli lingkungan dengan nilai sig 0,002 < 0,05. (3) Keanekaragaman hayati di Sungai Klodangan ditemukan 3 jenis/speies makroinvertebrata. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: biomonitoring KW - hasil belajar KW - karakter peduli lingkungan. M1 - skripsi TI - PENGARUH METODE RESITASI DENGAN BIOMONITORING TERHADAP KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI UNTUK PENGAYAAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN AV - restricted ER -