%0 Thesis %9 Skripsi %A NURUL BADRIYAH, NIM. 07690026 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2014 %F digilib:14450 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci: Penilaian tugas kinerja, Pembelajaran sains %T PENGEMBANGAN PENILAIAN TUGAS KINERJA UNTUK EVALUASI PEMBELAJARAN SAINS DI SMP %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14450/ %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan perangkat penilaian tugas kinerja untuk evaluasi pembelajaran sains di SMP, 2) Mengetahui kualitas perangkat penilaian tugas kinerja yang dikembangkan, 3) Mengetahui respon guru terhadap perangkat penilaian tugas kinerja untuk evaluasi pembelajaran sains di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) model prosedural deskriptif yang menunjukkan langkahlangkah yang harus diikuti yaitu model 4-D yang meliputi 4 langkah yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian dibatasi pada tahap develop. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian (Skala Likert) yang sudah divalidasi oleh ahli instrumen. Kualitas instrumen berdasarkan penilaian guru IPA SMP/MTs, 6 guru pada uji terbatas dan 28 guru pada uji luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) telah dikembangkan perangkat penilaian tugas kinerja untuk evaluasi pembelajaran sains di SMP kelas VIII semester genap pada pokok bahasan cahaya, 2) berdasarkan penilaian oleh guru, instrumen penilaian tugas kinerja untuk evaluasi sains yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 82,23% pada uji coba terbatas dan 93,93% pada uji coba luas, 3) secara garis besar, respon guru terhadap perangkat penilaian tugas kinerja untuk evaluasi pembelajaran sangat baik dan mampu mendukung proses pembelajaraan dalam ranah psikomotorik. %Z Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si