%A MUKHLISIN - NIM. 03410040 %O Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait. %T MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN AGAMA (STUDI DI SMA N 3 YOGYAKARTA) %X ABSTRAK Multikulturalisme dalam pendidikan pada saat ini masih merupakan isu baru yang hangat dibincangkan oleh kalangan intelektual. Sementara itu, masyarakat di SMAN 3 Yogyakarta, salah satu sekolah favorit di Kota Yogyakarta, bersifat plural (beragam). Dari sinilah penulis menjadi tertarik untuk mengkaji pendidikan agama dengan memakai pendekatan multikulturalisme di sekolah ini. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui keberagaman di sekolah ini serta bagaimana pendidikan agama di sekolah ini di ajarkan kepada para siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang sifatnya kualitatif, dengan SMAN 3 Yogyakarta sebagai objeknya. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini ialah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data, penulis memakai metode induktif dan deduktif. Hasil dari penelitian ini, pertama, SMAN 3 Yogyakarta adalah multikultural. Hal ini ditandai dengan adanya kelompok agama, kelompok etnis, dan organisasi-organisasi keagamaan siswa yang beraneka ragam. Masing-masing kelompok sosial yang beranekaragam ini oleh sekolah telah diperlakukan dengan baik. Meskipun masih ada kekurangan.Kedua, pembelajaran agama yang berjumlah lima dalam pembelajarannya telah sesuai dengan maksud dan tujuan pendidikan multikultural. Hal ini berdasarkan dari materi-materi dan juga penyampaian dari kelima agama ini. Para siswa oleh pendidik senantiasa selalu didorong untuk selalu menerima dan meghormati terhadap segala perbedaan. %K Multikulturalisme, pendidikan agama %D 2008 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib1447