<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH\r\nDALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL\r\nMADRASAH TSANAWIYAH\r\n(STUDI EKSPERIMEN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 DAN 2 SEMARANG)\r\n"^^ . "Disertasi ini diawali dengan kegelisahan akademis terhadap\r\npermasalahan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Madrasah\r\nTsanawiyah (MTs). Pelaksanaan pembelajaran belum mencapai tujuan\r\npembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).\r\nTujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar\r\nIlmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model pembelajaran berbasis masalah,\r\nmenemukan cara melaksanakan dan untuk menguji perbedaan proses dan\r\nhasil belajar konvensional (yang selama ini berlangsung) dan yang melalui\r\nmodel pembelajaran berbasis masalah di MTsN 1 dan 2 Semarang.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain kuasi\r\neksperimen. Waktu penelitian lebih kurang 1 tahun atau 2 semester bulan\r\nJanuari – sampai Desember 2009.\r\nHasil penelitian berdasarkan data nontes bahwa, perolehan skor sebelum\r\ndan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berikut ini:\r\nproses pembelajaran memperoleh skor rerata 1.8 naik menjadi 3.45. RPP\r\n1.76. naik menjadi 3, Kenaikan skor tersebut dampak dari RPP disusun sesuai\r\ntujuan pembelajaran dan sesuai kebutuhan siswa. Aktivitas guru memperoleh\r\nskor rerata = 3.5 menunjukkan bahwa guru dapat mengimplementasikan\r\nmodel pembelajaran berbasis masalah dengan baik. Selanjutnya aktivitas\r\npeserta didik memperoleh skor rerata = 3.7 menunjukkan bahwa guru dapat\r\nberperan sebagai fasilitator, memberikan motivasi dan memfokuskan perhatian\r\npeserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.\r\nBerdasarkan data tes, menunjukkan hasil pretest berdasarkan uji\r\nhomogenitas menggunakan teknik t-test (uji t), nilai t = 1,602, p = 0,111,\r\ndikarenakan nilai p = 0,111 > 0,05 (α = 5%) berarti tidak ada perbedaan antara\r\nkelompok kontrol dan kelompok eksperimen. sedangkan hasil post-test antara\r\nkelomppok kontrol yang menggunakan model konvensional dan kelompok\r\neksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah diperoleh:\r\nnilai t = 18,572, p = 0,000 diikarenakan nilai p = 0,598 < 0,05 (α = 5%) maka\r\nada perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.\r\nDalam penelitian ini ditemukan modifikasi implementasi model\r\npembelajaran berbasis masalah sebagai berikut: (1) Membuat disain\r\nmodifikasi model pembelajaran berbasis masalah; (2) Memotivasi siswa\r\ndidik menjadi pemberani; (3) Pengelolaan kelas; (4) Mengorganisasikan siswa\r\nuntuk meneliti; (5) Mengumpulkan data dan eksperimentasi; (6)\r\nMengembangkan hipotesis; (7) Menganalisis dan mengevaluasi proses\r\nmengatasi masalah; (8) Menggunakan laboratorium ilmu pengetahuan sosial\r\nuntuk pembelajaran berbasis masalah.\r\n\r\n"^^ . "2014-07-26" . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 02.3.352/S3"^^ . "SITI ROKHANAH "^^ . "NIM. 02.3.352/S3 SITI ROKHANAH "^^ . . . . . "HTML Summary of #14486 \n\nMODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH \nDALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL \nMADRASAH TSANAWIYAH \n(STUDI EKSPERIMEN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 DAN 2 SEMARANG) \n\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Agama Islam" . .