TY - UNPB N1 - Pembimbing : Muqowim, M.Ag. ID - digilib1455 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1455/ A1 - NOVA ARIYANTI MUSLIKHAH - NIM. 03410060, Y1 - 2008/07/29/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang konsep fitrah akliyah yang diterapkan di TKIT Mutiara Insani, yang merupakan potensi manusiawi paling penting diantara potensi dasar lainnya, yang memerlukan program yang telah disusun sekolah untuk tercapainya pengembangan potensi akal secara optimal, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan Fitrah Akliyah di TKIT Mutiara Insani Gatak, Delanggu, Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan paedagogis-psikologis, yang berusaha mengkaji pokok permasalahan penelitian dengan sudut pandang dari segi pendidikan, sedangkan secara psikologis sebagai suatu proses pembelajaran menurut berbagai faktor yang secara keseluruhan merujuk pada kegiatan belajar menga jar di kelas sebagai inovasi pembelajaran. Penelitian ini mengambil tempat TKIT Mutiara Insani Gatak, Delanggu, Klaten yang dalam hal ini meneliti tentang konsep, program, pelaksanaan serta faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan fitrah akliyah di TKIT Mutiara Insani Gatak, Delanggu, Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan metode deskriptif analitik yaitu dari hasil penelitian kemudian disajikan secara kualitatif dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan 1) konsep fitrah akliyah di TKIT Mutiara Insani adalah pemberdayaan anak didik untuk pengembangan kreatifitas be rfikir. 2) Program pengembangan fitrah akliyah yaitu program pengembangan dasar agama Islam, yang meliputi privat, baca tulis Iqra' dan Alquran, hafalan hadits, pengamalan sholat, hafalan surat pendek dan do'a sehari -hari. Dan kemampuan dasar umum, yang meliputi bahasa, daya pikir dan ketrampilan. Kemudian pelaksanaan pengembangan fitrah akliyah mengintregasikan aspak pencapaian tujuan dan memberikan kemampuan dasar yang terdiri dari nilai dan pesan, jangkauan pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan. 3) F aktor pendukung pengembangan fitrah akliyah yaitu kesadaran guru dalam mengajar dan tersedianya sarana dan prasarana, sedangkan faktor penghambat pengembangan fitrah akliyah yaitu anak didik yang lamban, hambatan dari orang tua dan hambatan dari lingkungan. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Fitrah akliyah KW - TKIT Mutiara Insani M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN FITRAH AKLIYAH DI TKIT MUTIARA INSANI GATAK DELANGGU KLATEN AV - restricted ER -