%A YUSUF SAFINGI - NIM. 02391252 %O Pembimbing I : Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN, SE., M.Si. ;Pembimbing II : SUNARSIH, SE., M.Si. %T PENGARUH PROMOSI, RELIGIOSITAS, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KREDIT SEPEDA MOTOR DI PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE SYARI’AH CABANG YOGYAKARTA %X ABSTRAK Tahun 2005 perkembangan ekonomi syari'ah di Indonesia sangat pesat, baik bank syariah, asuransi syariah, tak terkecuali lembaga pembiayaan syariah. Salah satunya adalah lembaga pembiayaan (leasing/finance) kendaraan bermotor secara syari'ah, PT Federal International Finance Syari'ah. Berdiri Oktober 2005, merupakan divisi usaha syari'ah dari PT Federal International Finance Konvensional yang telah terlebih dahulu berdiri. PT Federal International Finance Syari'ah melayani pembiayaan kredit kendaraan bermotor roda dua (sepeda motor) merek Honda. Di Yogyakarta sendiri PT Federal International Finance Syari'ah sudah berdiri sejak tahun 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel promosi, religiositas, dan kelompok referensi secara parsial maupun bersama-sama terhadap pengambilan keputusan pembelian kredit sepeda motor di PT Federal International Finance Syari'ah cabang Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di PT Federal International Finance Syari'ah cabang Yogyakarta dengan populasi semua konsumen pembiayaan kredit sepeda motor Honda yang masih aktif yang berjumlah +-3500 orang. Sampel diambil sebanyak 100 orang berdasarkan rumus yang dikembangkan oleh Slovin dengan menggunakan taraf kesalahan 10%, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket kepada responden serta dari literatur dan informasi terkait. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif yaitu analisis data yang digunakan untuk melengkapi analisis kuantitatif yang datanya diperoleh dari angket, sedangkan analisis kuantitatif menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh kesimpulan bahwa promosi, religiositas, dan kelompok referensi mempunyai nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel sehingga dapat dikatakan bahwa variabel-variabel tersebut berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung masing-masing variabel yaitu promosi sebesar 2,561, religiositas sebesar 5,217, dan kelompok referensi sebesar 5,249, sedangkan nilai t tabel sebesar 1,661. Secara bersama-sama, variabel promosi, religiositas, dan kelompok referensi berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel (50,565 2,699). Pengaruh variabel-variabel terhadap pengambilan keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai adjusted2R sebesar 0.600. Hal ini berarti bahwa 60% pengambilan keputusan pembelian dipengaruhi oleh promosi, religiositas, dan kelompok referensi. Sedangkan sisanya sebesar 40% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam skripsi ini. %K Promosi, Religiositas, Kelompok Referensi %D 2008 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib1456