%0 Thesis %9 Doctoral %A ABDUL CHOLIQ MT , NIM. 023338 %B PASCASARJANA %D 2006 %F digilib:14575 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Model Pendidikan %P 132 %T PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KETERAMPILAN PADA MADRASAH ALIYAH(STUDY KASUS DI JAWA TENGAH) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14575/ %X Disertasi ini berjudul PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KETERAMPILAN PADA MADRASAH ALIYAH (Studi Kasus di Jawa Tengah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui filosofi berdirinya Madrasah Aliyah Keterampilan (MAK), latar belakang kebijakan pemerintah dalam memberlakukan kurikulum keterampilan pada Madrasah Aliyah di Jawa Tengah, sasaran yang dicapai, model pengembangan MAK yang efekstif pada masa mendatang dilihat dari aspek kelembagaannya, kurikulumnya, tenaga pendidiknya, manajemennya, media dan sumber belajar, evaluasi dan implikasi pendidikan keterampilan bagi penyediaan tenaga kerja yang professional dan memiliki daya saing yang cukup tinggi dalam dunia kerja Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dimana karakteristik masing-masing obyek penelitian menjadi suatu yang menarik untuk ditelusuri secara mendalam dan menyeluruh. Hal ini untuk mengetahui dinamika madrasah dari beberapa aspek kependidikannya sehingga dapat menemukan pengembangan model pendididkan yang efektif bagi MAK di seluruh Jawa Tengah. Adapun yang diambil sampel dalam penelitian ini adalah MAN Babakan Tegal, MAN Kendal, MAN Kudus 2, MAN Surakarta 1, MAN Karanganyar, MAN Magelang, MAN Purwokerto 2, dan MAN al-Hikmah Brebes. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan wawancara, observasi secara mendalam, dan dokumentsi. Sebagai instrumen penelitian adalah peneliti sendiri.Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif, yang meliputi teknik reduksi, display data dan verifikasi. Pengujian kredibilitas dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, diskusi teman sejawat, dan member check. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa MAK merupakan MA regular dengan muatan kurikulum tambahan berupa program keterampilan terstruktur. Secara filosofi keberadaan MAK didasarkan atas pemikiran bahwa dalam kehidupan modern detiap orang dituntut untuk menyesuaikan dengan perubahan zaman yang selalu berubah dengan cepat dalam hubungan antar bangsa maupun dalam mobilitas lapangan kerja. Oleh karena itu perlu bekal keterampilan vokasional bagi siswa-siswa MA. Secara realitas sebagian besar alumni MA di Jawa Tengah tidak mel;anjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi (PT). Dengan demikian MAK dimaksudkan untuk memberui bekal keterampilan kepada para siswa sehingga mereka mampu bersaing dan memperoleh pekerjaan yang layak serta melahirkan manusia unggul. Hal ini sesuai dengan dasar hukum penyelenggaraan MAK yakni SK Menteri Agama nomor 374 tahun 1993 tentang kurikulum Madrasah Aliyah. Dikuatkan secara teknis dengan SK Dirjen Bagais nomor E/248.A/1997 tentang program ekstra kurikuler, serta dengan UU Sisdiknas nomor 20 tahun 2003 pasal 18 ayat3. Melalui penelitian ini ditemukan model pengembangan Madrasah Aliyah Keterampilan yang efektif. Untuk dapat melaksanakannya, maka perlu adanya pengembangan model kelembagaan, kurikulum, tenaga pendidik, pembelajaran, media dan sumber belajar, serta svsluasi. Pengembangan model tersebut dapat dilihat dari data MAK di Jawa Tengah yang mampu memberikan kontribusi terhadap terwujudnya tenaga-tenaga terampil dalam berbagai bidang, diantaranya tata busana, elektronik,komputer, otomotif dan pertanian. Kata kunci: Model Pendidikan %Z Promotor: Prof. Dr. H. Musa Asy'ari