TY - THES N1 - Pembimbing : Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W.,Ph.D. ID - digilib14578 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14578/ A1 - SARIF MUNAWIR HOZALI , NIM. 07410084 Y1 - 2014/08/29/ N2 - SARIF MUNAWIR HOZALI. Pengaruh Grafis Pada Buku PAI Kurikulum 2013 Terhadap Minat Belajar Siswa SD Negeri 3 Plumbon Karangsambung Kebumen. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam kegiatan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara maksimal. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah media gambar, dimana gambar diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan. Oleh karena itu pemerintah dalam melaksanakan kurikulum 2013 sudah menyiapkan buku pelajaran wajib yang didalamnya banyak memiliki gambar-gambar sebagai ilustrasi dan penjelas dari materi yang diajarkan. Adanya gambar-gambar yang terdapat pada buku PAI Kurikulum 2013 inilah yang diharapkan mampu meningkatkan minat belajar siswa dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gambar-gambar yang terdapat pada buku PAI kurikulum 2013 sudah sesuai dengan kriteria gambar yang efektif dalam pembelajaran dan untuk mengungkap pengaruh grafis pada buku PAI kurikulum 2013 terhadap minat belajar siswa SD Negeri 3 Plumbon Karangsambung Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar di SD Negeri 3 Plumbon Karangsambung Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan data dilakukan dengan teknik triangulasi dengan melalui dua modus yaitu menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Gambar-gambar yang terdapat pada buku PAI kurikulum 2013 sudah sesuai dengan kriteria gambar yang efektif dalam pembelajaran dimana gambar-gambar tersebut bersifat konkrit, dapat mengatasi batasan ruang dan waktu, dapat mengatasi masalah keterbatasan pengamatan, memperjelas suatu masalah, dan harga yang murah karena sudah disediakan oleh pemerintah; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gambar yang ada pada buku PAI kurikulum 2013 terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan respon positif yang diberikan siswa baik partisipasi saat pembelajaran berlangsung, ketertarikan dengan gambar, maupun tingkat pemahaman siswa yang semakin meningkat. Terpenuhinya beberapa indikator minat seperti ketertarikan, perhatian, motivasi, dan pengetahuan juga membuktikan adanya pengaruh tersebut. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENGARUH GRAFIS PADA BUKU PAI KURIKULUM 2013 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI 3 PLUMBON KARANGSAMBUNG KEBUMEN AV - restricted ER -