<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n"^^ . "Eka Ammunawar Sabiilan. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan\r\nMuhammadiyah Guna Meningkatkan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama\r\nIslam (Studi Atas Buku Mengokohkan Spirit Pendidikan Muhammadiyah Karya\r\nFarid Setiawan, dkk.,). Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan\r\nKalijaga Yogyakarta, 2014.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilainilai\r\npendidikan Muhammadiyah yang terkandung dalam buku “Mengokohkan\r\nSpirit Pendidikan Muhammadiyah” karya Farid Setiawan, dkk., kemudian\r\nmenginternalisasikan kedalam metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam\r\nguna meningkatkan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research).\r\nPengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu\r\nmelalui teks-teks tertulis berupa buku, jurnal, majalah, surat kabar dan lain\r\nsebagainya yang mendukung kajian penelitian. Analisis data dilakukan dengan\r\nmetode teknik analisis isi (content analysis) dengan menggunakan cara berfikir\r\ninduktif yaitu berangkat dari fakta-fakta khusus, peristiwa-peristiwa yang\r\nkongkrit, kemudian ditarik ke arah generalisasi yang bersifat umum.\r\nHasil penelitian menunjukkan nilai-nilai pendidikan Muhammadiyah yang\r\nterkandung dalam buku “Mengokohkan Spirit Pendidikan Muhammadiyah” karya\r\nFarid Setiawan, dkk., adalah: (1) Nilai Keislaman, dimana dalam metode\r\npembelajaran Pendidikan Agama Islam hendaknya diselenggarakan merujuk pada\r\nnilai-nilai yang bersumber pada al-Qur’an dan Sunnah Hadis; (2) Nilai Tajdid atau\r\nPembaruan, hendaknya pendidik wajib memiliki jiwa sebagai pembaharu dan\r\ntidak merasa tabu dengan segala sesuatu yang baru. Terobosan-terobosan\r\nkebijakan yang bisa mendukung munculnya kegiatan-kegiatan inovatif pendidik,\r\nkaryawan, dan anak didik patut sesering mungkin dikeluarkan; (3) Nilai\r\nMultikultural, pendidik dapat mengambil manfaat lebih besar untuk mengasah dan\r\nmengakui segala perbedaan yang ada dalam segi budaya masing-masing anak\r\ndidik, sesama pendidik dan lingkungannya; (4) Nilai Kerjasama (Musyarokah),\r\npendidik membuka akses seluas-luasnya dalam kerjasama, baik lintas lembaga\r\npendidikan, masyarakat, sesama pendidik dan peserta didik; (5) Nilai Anti\r\nKekerasan, pendidik hendaknya menciptakan iklim perdamaian, yang kondusif di\r\nlingkungan sekolah; (6) Nilai Kekeluargaan, pendidik hendaknya memposisikan\r\npeserta didik, sesama pendidik, lingkungan sekolah seperti keluarga dan membuat\r\nsuasana sekolah yang bersih, rapi, dan terjaga keamanannya; (7) Nilai\r\nKeteladanan, hendaknya seorang pendidik senantiasa menjadi tauladan bagi anak\r\ndidik dalam menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam.\r\nGuna meningkatkan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam\r\ndilakukan dengan menginternalisasikan, menanamkan dan membiasakan nila-nilai\r\npendidkan Muhammadiya tersebut, diantaranya: (1) Nilai Keislaman;\r\nmembiasakan dan membudayakan bertutur kata, berprilaku, dan berpakaian yang\r\nIslami dan sopan, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. (2) Nilai\r\nTajdid atau Pembaruan; peningkatan budaya baca dan menulis. (3) Nilai\r\nMultikultural; metode pembelajaran pengalaman lapangan. (4) Nilai Kerjasama\r\n(Musyarokah); Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan\r\nmendatangkan pendidik mata pelajaran lain untuk meyampaikan materi\r\npembelajan sesuai dengan materi dan bidangnya, baik pendidik satu sekolah atau\r\nlain sekolah. (5) Nilai Anti Kekerasan; klarifikasi nilai-nilai universal, yaitu\r\nmenganjurkan para peserta didik mengimplementasikannya dalam wujud\r\nmembantu anak didik lainnya dan didasari refleksi total terhadap diri sendiri. (6)\r\nNilai Kekeluargaan; Pertemuan dan silaturahim 3 bulan sekali antara orang tua\r\nanak didik dengan pendidik yang diadakan disekolah. (7) Nilai Keteladanan;\r\npendidik dan para stake holders sekolah mengawali membiasakan bertutur kata,\r\nberprilaku, dan berpakaian yang Islami dan sopan, baik di lingkungan sekolah\r\nmaupun di luar sekolah.\r\n\r\n"^^ . "2014-08-29" . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 07410126"^^ . "EKA AMMUNAWAR SABIILAN "^^ . "NIM. 07410126 EKA AMMUNAWAR SABIILAN "^^ . . . . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Text)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Text)"^^ . . . "07410126_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN\r\nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE\r\nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH\r\nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #14579 \n\nINTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN \nMUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE \nPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \n(STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH \nKARYA FARID SETIAWAN, DKK.,) \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .