@phdthesis{digilib14581, month = {June}, title = {KONSEP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT BUYA HAMKA (TELAAH BUKU ?PELAJARAN AGAMA ISLAM? KARYA BUYA HAMKA) }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 07410239 TURYATI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Munawwar Khalil, M.Ag }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14581/}, abstract = {TURYATI. Konsep Materi Pelajaran Agama Islam Menurut Buya Hamka Serta Relevasinya Dengan Pendidikan Di Indonesia. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah Universitas Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Untuk mengetahui konsep Materi Pendidikan Agama Islam menurut Buya Hamka serta relevansinya dengan pendidikan Agama Islam di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi persoalan yang muncul yakni adanya berbagai fenomena yang mengindikasikan bahwa dalam pendidikan agama Islam selama ini justru tidak seirama antara idealitas dan realitas. Paling tidak dari adanya bukti bahwa pendidikan agama tidak lebih dari itu yakni menumbuhkan semangat mengembangkan dan memberdayakan diri. Jenis peelitian yang penulis lakukan meupakan penelitian kepustakaan (Library Research), yakni sebuah peneltian dengan posedur non matematik (kualitatif). Pengumpulan data dilakukan setelah mengadakan analisis terhadap buku Pelajaran Agama Islam karya Hamka. Adapun pendekatan yang digunakan adalah secara filosofis dan historis. Setelah data dan sumber penelitian penulis dapatkan, maka untuk menganalisis terhadap data-data yang penulis teliti. Setelah itu untuk mendapatkan kesimpulan, penulis menggunakan pola penalaran induktif. Yaitu pola pemikiran yang berangkat dari suatu pemikiran khusus kemudian ditarik generalisasi yang behasil dikumpulkan dan dari makna tersebut dikasih kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah mengadakan telaah terhadap buku ?Pelajaran Agama Islam? karya Hamka tentang konsep materi pelajaran agama Islam, Hamka telah jelas menjabarkan dan memberi batasan tentang materi pelajaran agama Islam, sehingga tidak keluar dari kaidah-kaidah Islam. Konsep materi Pelajaran Agama Islam menurut Buya Hamka ada 9 yakni: 1) Hubungan Manusia Dan Agama. 2) Mencari Keberadaan Tuhan . 3) Allah. 4) Percaya Kepada Yang Ghaib. 5) Percaya Kepada Kitab-Kitab. 6) Percaya Kepada Rasul- Rasul. 7) Percaya Kepada Hari Akhirat. 8) Percaya Kepada Taqdir, Qadla, Dan Qadar. 9) Iman Dan ?Amal (Aqidah Dan Ibadah). Pemikiran Buya Hamka tersebut juga sejalan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia yaitu materi pelajaan agama Islam pada dasarnya mengajarkan rukun iman dengan cara menanamkan rasa pecaya terhadap Tuhan Yang Esa melalui ciptaan-Nya. } }