TY - THES N1 - Pembimbing : Radino ID - digilib14582 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14582/ A1 - SAIFUL AMRI, NIM. 07410360 Y1 - 2014/08/29/ N2 - SaifulAmri, Relevansi Prinsip Rahmah Mursyid Tariqah dengan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) (Telaah Buku Wali Mursyid Karya Dr. Waryani Fajar Riyanto, S.H.I., M.Ag.), Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Saat ini profil guru dan siswa sedang disoroti oleh masyarakat. Masyarakat memandang berbagai permasalahan negatif di sekolah dan lebih tragis lagi, masalah negatif seperti kemerosotan moral peserta didik mereka anggap diakibatkan karena kegagalan guru dalam mendidik, khususnya bagi guru agama. Melihat realita dunia pendidikan saat ini, perlu dikaji ulang dan dimaknai kembali bagaimana kepribadian dan peran guru, khususnya guru agama dalam proses pendidikan. Guru Pendidikan Agama Islam mempunyaipublic figure bagi peserta didik karena mereka tidak hanya belajar dari apa yang disampaikan oleh guru, namun mereka juga belajar dari totalitas kepribadiannya. Permasalahan yang menjadi focus penelitian ini dapat dirumuskan menjadi 2 (dua), yaitu: (1) Bagaimana prinsip rahmah mursyid tariqah menurut Waryani Fajar Riyanto dalam buku Wali Mursyid?; dan (2) Bagaimana relevansi prinsip rahmah mursyid tariqah dalam bukuWali Mursyid dengan kompetensi kepribadian guru PAI? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisa prinsip rahmah mursyid tariqah dan relevansinya dengan kompetensi kepribadian guru PAI dengan menelaah bukuWali Mursyid. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangsih bagi dunia pendidikan, khususnya bagi calon pendidik agama dan umumnya bagi pendidik secara umum. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, melalui pustaka (Library Research). Dalam hal ini, bukuWali Mursyid menjadi obyek formal penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan hermeneutic dengan metode dokumentasi dan wawancara dalam mengolah datanya, yaitu peneliti menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku, artikel maupun majalah yang berkaitan dengan penulisan skripsi ini dan wawancara dengan penulis buku tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dalam bukuWali Mursyid terdapat satu karakter yang sangat relevan dengan kompetensi kepribadian guru menurut undang-undang, yaitu karakter rahmah. Jika kompetensi kepribadian di dalam undang-undang meliputi kepribadian yang mantab, setabil, dewasa, disiplin, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik serta berakhlak mulia, maka dalam perspektif tariqah, guru harus mempunya jiwa rahmah yang berwujud husnulmazhar, quwatulihtimal, si?atus sadri, sidqu fi al-kalam, ?ifatu fi ta?am, qilatu fi al-manam dan qilatu fi al-kalam. Jika seorang guru sudah memeliki dan menjiwai karakter tersebut maka dia akan menjadi guru yang spiritualis dan humanis. Implikasinya dalam proses belajar mengajar dia akan berusaha semaksimal mungkin untuk membentuk karakter peserta didiknya menjadi orang yang taat kepada Allah SWT. (spiritual), mempunyai jiwa solidaritas yang tinggi (humanis), dan menjaga alam. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - RELEVANSI PRINSIP RAHMMAH\ MURSYID TAARIQQAH DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) (TELAAH BUKU WALI MURSYID KARYA DR. WARYANI FAJAR RIYANTO, S.H.I., M.AG.) AV - restricted ER -