@phdthesis{digilib14594,
           month = {October},
           title = {KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DAN IMPLIKASINYA
DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN SYED
MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN IBNUMISKAWAIH)
},
          school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA},
          author = {NIM. 08410248 ANDIKA SAPUTRA },
            year = {2014},
            note = {Pembimbing :  Dr. Sangkot Sirit, M.Ag.
},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14594/},
        abstract = {Andika Saputra, Konsep Pendidikan Akhlak Dan knplikasinya Dalam
Pendidikan Agama Islam (Studi Atas Pemikiran Syed Muhammad Naquib A1-
Attas Dan Ibnu Miskawaih) Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islqm
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Yogyakarata.2014.
Latar belakang karya ihniah ini adalah bangsa Indonesia yang mengalami
multi krisis yang disebabkan pemalraman akhlak pada diri masyarakat.
Secara umum pembinaan pemahaman akhlak remaja sangat memprihatinkan. Di
samping itu; pendidikan yang dikehendaki oleh Islam adalah pendidikan yang
dibangun di atas konsep ke'Islaman, sehingga mampu membenfuk manusia yang
unggul secara intelektual, kaya dalam anmlo sertra anggun dalan akhlak dan
kebijakan. Namun, yang tefiadi pada saat im masyarakat Islam mengalami
degradasi moral, pelanggaran nilai-nilai semakin akut dan sulit untuk
dikendalikan, dan yang memprihatinkan pelanggaran nilai tersebut dilakukan oleh
para kaum pelajar dalam berbagai lapisan pada tatanan masyarakat. Syed Naquib
Al-Attas dan Ibnu Miskawaih merupakan tokoh pembaharu pendidikan Islam
yang pemikirumya banyak membahas -tentang pendidikan akhlak. Dari latar
belakang diatas penulis hendak mengkaji tentang bagaimana konsep pendidikan
akhlak menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan lbnu Miskawaitr,
bagaimana komparasi'konsep pendidikan akhlak Syed'Naquib Al-Attas dan Ibnu
Miskawaih danbagwmana implikasi konsep pendidikan akhlak Syed Muharnmad
naquib Al-Attas dan Ibnu Miskawaih dalam pendidikan Agama Islam.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Library Research
(penelitian kepustakaan). Pengumpulan data di lakukan de4gan mengumpulkan
buku-biilru LarTa Syed Milhammed Naquib Al-AtEs drali Ibnu Miskeweih serra
buku-buku yang ditulis oleh tokoh lairl majalah, jumat yang di dalamya terdapal
uraian pennikiran Syed Muhammed Naquib Al-Attas dan Ibnu Miskawaih tentang
konsep pendidikan akhlak, akhirnya menganalisis data untuk mengetahui
keabsahan dan kevalitan data, sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep Pendidikan Akhlak Syed
Muhammad Naquib Al-Attas dalam pendidikan agama Isalam yaitu Ta'dib, tauhid
dan metafora, qerita dan yang mencalup semu:mya baik yang bersifat realita
maupun spiritual.dan Ibnu Miskawaih konsep pendidikan ahlak dalam pedidikan
ista thariqun thabi'i dan al-'adat wa aljihad. 2) komparasi pendidikan akhlak
Syed Naquib Al-Attas dan Ibnu Miskawaih yaitu.pendidikan yang rnencakup
semua sisi kemanusiaan mendapatkan materi pendidikarl 3) Implikasi konsep
pendidikan akhlak menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Ibnu
Miskawaih dalam pendidikan Agama Islarn terwujudnya sikap'batin yang mampu
m.endoreng seca-ra sBentan bagi tersiptanya \$emua per-buatan ya-qg bemilai baik,
sehingga mencapai kesanpumaan dan memperoleh kebahagiaan yang sempurna
(al-sa'adat).

}
}