relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14594/
title: KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DAN IMPLIKASINYA  DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN SYED  MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN IBNUMISKAWAIH)  
creator: ANDIKA SAPUTRA , NIM. 08410248
subject: Pendidikan Agama Islam
description: Andika Saputra, Konsep Pendidikan Akhlak Dan knplikasinya Dalam  Pendidikan Agama Islam (Studi Atas Pemikiran Syed Muhammad Naquib A1-  Attas Dan Ibnu Miskawaih) Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islqm  Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga  Yogyakarata.2014.  Latar belakang karya ihniah ini adalah bangsa Indonesia yang mengalami  multi krisis yang disebabkan pemalraman akhlak pada diri masyarakat.  Secara umum pembinaan pemahaman akhlak remaja sangat memprihatinkan. Di  samping itu; pendidikan yang dikehendaki oleh Islam adalah pendidikan yang  dibangun di atas konsep ke'Islaman, sehingga mampu membenfuk manusia yang  unggul secara intelektual, kaya dalam anmlo sertra anggun dalan akhlak dan  kebijakan. Namun, yang tefiadi pada saat im masyarakat Islam mengalami  degradasi moral, pelanggaran nilai-nilai semakin akut dan sulit untuk  dikendalikan, dan yang memprihatinkan pelanggaran nilai tersebut dilakukan oleh  para kaum pelajar dalam berbagai lapisan pada tatanan masyarakat. Syed Naquib  Al-Attas dan Ibnu Miskawaih merupakan tokoh pembaharu pendidikan Islam  yang pemikirumya banyak membahas -tentang pendidikan akhlak. Dari latar  belakang diatas penulis hendak mengkaji tentang bagaimana konsep pendidikan  akhlak menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan lbnu Miskawaitr,  bagaimana komparasi'konsep pendidikan akhlak Syed'Naquib Al-Attas dan Ibnu  Miskawaih danbagwmana implikasi konsep pendidikan akhlak Syed Muharnmad  naquib Al-Attas dan Ibnu Miskawaih dalam pendidikan Agama Islam.  Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Library Research  (penelitian kepustakaan). Pengumpulan data di lakukan de4gan mengumpulkan  buku-biilru LarTa Syed Milhammed Naquib Al-AtEs drali Ibnu Miskeweih serra  buku-buku yang ditulis oleh tokoh lairl majalah, jumat yang di dalamya terdapal  uraian pennikiran Syed Muhammed Naquib Al-Attas dan Ibnu Miskawaih tentang  konsep pendidikan akhlak, akhirnya menganalisis data untuk mengetahui  keabsahan dan kevalitan data, sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep Pendidikan Akhlak Syed  Muhammad Naquib Al-Attas dalam pendidikan agama Isalam yaitu Ta'dib, tauhid  dan metafora, qerita dan yang mencalup semu:mya baik yang bersifat realita  maupun spiritual.dan Ibnu Miskawaih konsep pendidikan ahlak dalam pedidikan  ista thariqun thabi'i dan al-'adat wa aljihad. 2) komparasi pendidikan akhlak  Syed Naquib Al-Attas dan Ibnu Miskawaih yaitu.pendidikan yang rnencakup  semua sisi kemanusiaan mendapatkan materi pendidikarl 3) Implikasi konsep  pendidikan akhlak menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Ibnu  Miskawaih dalam pendidikan Agama Islarn terwujudnya sikap'batin yang mampu  m.endoreng seca-ra sBentan bagi tersiptanya $emua per-buatan ya-qg bemilai baik,  sehingga mencapai kesanpumaan dan memperoleh kebahagiaan yang sempurna  (al-sa'adat).    
date: 2014-10-21
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14594/1/08410248_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14594/2/08410248_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
identifier:   ANDIKA SAPUTRA , NIM. 08410248  (2014) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN IBNUMISKAWAIH).  Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.