@phdthesis{digilib14601, month = {October}, title = {KONSEP KETELADANAN GURU IDEAL BERDASARKAN BUKU BEGINI SEHARUSNYA MENJADI GURU (PANDUAN LENGKAP METODOLOGI PENGAJARAN CARA RASULULLAH SHALLALL{\^A}HU ?ALAIHI WA SALLAM) KARYA FU?AD BIN ABDUL AZIZ ASY-SYALHUB }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09410157 FIKRI ARIEF HUSAEN }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14601/}, abstract = {FIKRI ARIEF HUSAEN. Konsep Keteladanan Guru Ideal Berdasarkan Buku Begini Seharusnya Menjadi Guru (Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah shallall{\=a}hu ?alaihi wa sallam) karya Fu?ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Guru adalah ujung tombak gerakan perubahan dan dipundaknya terpikul tanggung jawab yang agung dalam membentuk generasi dan mengarahkan para anak didiknya. Seorang guru adalah peletak batu pertama dalam menjadikan sumber daya manusia ahli dan mencetak generasi baik berkualitas. Maka itu diperlukannya keteladanan yang baik dan ideal bagi guru agar terwujudnya harapan generasi yang cemerlang dan gemilang. Akan tetapi bila melihat realita yang ada saat ini masih ada sebagian dari guru yang masih jauh dari keteladanan sebagaimana mestinya. Guru mengajar sekedarnya saja, bersifat apatis, merasa beban dan terpaksa dalam mengajar, sehingga nilai-nilai keteladanan dan kemuliaan guru hampa. Tentunya hal tersebut membawa dampak negatif terhadap anak didik yang masih membutuhkan bimbingan dan keteladanan dari sosok seorang guru. Tingkah laku anak didik adalah cerminan dari apa yang diajarkan oleh guru baik sikap, prilaku, dan keteladanan yang diberikan. Oleh karena itu sudah seharusnya guru menjadikan dirinya teladan yang baik dan ideal. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana menumbuhkan mindset keteladanan guru ideal pada guru dan bagaimana Strategi penerapan keteladanan guru ideal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mindset keteladanan guru ideal berdasarkan buku Begini Seharusnya Menjadi Guru karya Fu?ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub; dan mendeskripsikan strategi penerapannya. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan dari buku Begini Seharusnya Menjadi Guru (Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah shallall{\=a}hu ?alaihi wa sallam); terjemahan dari kitab al-Mu?allim al-awwal (Qudwah Likulli Mu?allim wa Mu?allimah) karya Fu?ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub dan data lain yang ada relevansinya terhadap pembahasan pada penelitian skripsi ini. Pendekataan atau sifat yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis-deskriptif dan metode analisis data menggunakan content analysis. Teknik pengumpulan data penulisannya melalui dokumentasi dan wawancara baik terhadap data primer maupun data sekunder, data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bagaimana menumbuhkan mindset keteladanan guru ideal pada guru yaitu memahami hakekat guru, meyakini metode nabi penuh keteladanan, dan menjadikan siswa cermin bagi guru. (2) bagaimana strategi penerapan keteladanan guru ideal yaitu mengetahui perannya dengan jelas, menyiapkan bahan materi pelajaran efektif, teknik dan metode pengajaran yang tepat, dan jadilah pribadi guru penuh cinta. } }