eprintid: 14603 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/46/03 datestamp: 2014-11-20 01:24:45 lastmod: 2014-11-20 01:24:45 status_changed: 2014-11-20 01:24:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: EDWAR HADI , NIM. 09470103 title: URGENSI BELAJAR DALAM TAFSIR AL-MISHBAH SURAT AL-‘ALAQ AYAT 1-5 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Key words: urgensi belajar, surat al-‘Alaq, metode, pendidikan Islam note: Pembimbing : Sibawaihi, M.Ag. M.A. abstract: EDWAR HADI. NIM. 09470103. Urgensi Belajar Dalam Tafsir Al-Mishbah Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5 Dan Implikasinya Terhadap Metode Pendidikan Islam. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemunduran yang dialami umat Islam dalam berbagai aspek kehidupan. Pada zaman yang serba maju dan praktis seperti saat ini menjadikan umat Islam terlena dan seoalah lupa akan kewajibannya terhadap menuntut ilmu. Hal ini berbading terbalik apabila kita melihat pada masa lalu, di mana umat Islam begitu responsip terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Itu terbukti dengan begitu banyaknya tokoh-tokoh ilmuan pada masa itu, seperti Al-Khawarizmi yang ahli di bidang matematika, Al-Farabi di bidang astronomi, Al-Biruni di bidang fisika, Jabir ibn. Hayyan di bidang kimia, dan Ibn Sina dalam bidang medis. Surat al-‘Alaq sebagai landasan normatif tentang perintah Tuhan untuk belajar (membaca), oleh sebab itu, menjadi menarik untuk dicari tafsirannya. Penelitian ini mengangkat Tafsir Al-Mishbah untuk menggali lebih dalam tentang urgensi belajar dan implikasinya terhadap metode pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Guna mengetahui urgensi belajar yang terdapat pada surat al-‘Alaq 1-5 dalam tafsir Al-Mishbah. 2) untuk mengetahui implikasi belajar yang terdapa dalam surat al-‘Alaq 1-5 terhadap metode pendidikan Islam. Jenis penelitian ini ialah studi pustaka (library research), dengan pendekatan filosofis. Sedangkan, teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini adalah deskriptif-analitik. Simpulan dari penelitian ini ialah: 1). Urgensi belajar menurut Muhammad Quraish Shihab pada surat al-‘Alaq ayat 1-5 kewajiban paling utama manusia yaitu untuk menuntut ilmu, karena derajat orang-orang yang berilmu tentu lebih tinggi dibanding dengan orang yang tidak memiliki ilmu. Oleh karena itu belajar sangatlah penting untuk kelangsungan hidup manusia sebagai hamba-Nya dan khalifah di dunia ini. 2). Implikasi belajar dalam surat al-‘Alaq 1-5 terhadap metode pendidikan Islam bahwa dengan menggunakan metode keteladanan, metode pengulangan, metode cerita, metode dialog dan metode himbauan itu dapat diterapkan pada setiap proses belajar Implikasinya terdapat dalam setiap teladan hendaknya selalu memuat sikap kemuliaan dan kebaikan budi yang dimiliki oleh peserta didik. date: 2014-10-23 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: EDWAR HADI , NIM. 09470103 (2014) URGENSI BELAJAR DALAM TAFSIR AL-MISHBAH SURAT AL-‘ALAQ AYAT 1-5 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/2/09470103_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/1/09470103_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/11/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/12/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/13/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/14/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/17/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/18/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/19/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/20/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/21/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/22/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/23/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14603/24/small.jpg