TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Na?imah, M. Hum ID - digilib14607 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14607/ A1 - ANIK TRIHIDAYATI , NIM. 09470184 Y1 - 2014/07/26/ N2 - Anik Trihidayati. 09470184. Efektivitas Pembelajaran Al-Qur?an Hadits pada Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi pembelajaran, manakah metode yang tepat serta efektivitas pembelajaran Al-Qur?an Hadits pada siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-Qur?an Hadits dan siswa kelas VII A, B, dan C yang berjumlah 74 orang. Metode pengumpulan data melalui observasi , wawancara, dokumentasi dan kuesioner sebagai pendukung. Analisis yang digunakan adalah deskriptif-analisis. Pemeriksaan terhadap keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) implementasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Al-Qur?an Hadits tidak terlepas dari beberapa komponen yaitu: (1.a) tujuan pembelajaran Al-Qur?an Hadits di kelas VII adalah membaca menulis dan menghafal yang merupakan unsur penerapan ilmu tajwid. Menterjemahkan makna dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. (1.b) materi yang disampaikan kepada siswa sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang tertuang dalam RPP dan silabus. (1.c) Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran Al-Qur?an Hadits sudah sesuai dengan kurikulum KTSP 2006 kegiatan tersebut meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti disini guru melakakukan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, dan kegiatan penutup. (1.d) Evaluasi dilakukan dengan tes lisan dan tes tulis. Tes lisan diberikan dalam bentuk hafalan ayat atau Hadits yang telah dipelajari di kelas. Tes tulis meliputi ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). (2) metode yang tepat metode drill jika diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur?an Hadits dapat melatih siswa membaca, menulis dan mendorong daya ingat siswa untuk mempelajari ayat atau Hadits. (3) Penggunaan metode-metode pembelajaran dapat disimpulkan efektif. Efektivitas tersebut terlihat ketika tujuan pembelajaran tercapai, materi dapat disampaikan dengan tepat waktu sesuai dengan perencanaan serta adanya kondusifitas pembelajaran di kelas. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci: Efektivitas pembelajaran KW - metode pembelajaran KW - Al-Qur?an Hadits M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR?AN HADITS PADA SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted ER -