eprintid: 14619 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/46/19 datestamp: 2014-11-20 07:27:46 lastmod: 2016-02-23 03:52:53 status_changed: 2014-11-20 07:27:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PUTRI KUSUMA RAMADHANI , NIM. 09670032 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK KIMIA DENGAN TEMA PETUALANGAN UNTUK SMA/MA KELAS XII SEMESTER GASAL DENGAN MATERI KIMIA UNSUR ispublished: pub subjects: KC divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: media pembelajaran, komik kimia, petualangan, SPU. note: Pembimbing : Nina Hamidah, M.A., M.Sc. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mandiri dalam bentuk komik kimia untuk peserta didik kelas XII SMA/MA semester gasal pada materi kimia unsur, yang diharapkan dapat membantu peserta didik SMA/MA khususnya kelas XII dalam menarik rasa ingin tahu serta untuk pengayaan pada materi kimia unsur. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas komik kimia yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian pendidik kimia SMA/MA dan respon peserta didik SMA/MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan media pembelajaran, di mana model pengembangan produk yang digunakan adalah Borg & Gall, yaitu penelitian pengembangan pada tahap research and information collecting (penelitian dan pengumpulan informasi awal), planning (perencanaan), develop preliminary form of product (pengembangan format produk awal), preliminary field testing (uji coba awal), dan main product revision (revisi produk). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah komik kimia dengan tema petualangan untuk SMA/MA Kelas XII Semester Gasal. Ujicoba awal produk ini dilaksanakan di empat SMA/MA dengan empat reviewer dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas XII IPA pada dua SMA/MA dengan masing-masing lima responden. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar penilaian reviewer dan lembar angket respon peserta didik terhadap produk. Analisis data penelitian untuk instrumen penilaian reviewer dan lembar penilaian respon peserta didik terhadap produk menggunakan analisis kualitatif yang dikonversikan menjadi data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah dihasilkan media pengayaan pembelajaran komik kimia untuk kelas XII SMA/MA semester gasal dengan materi Kimia Unsur, di mana persentase keidealan yang diperoleh untuk komik kimia dengan tema petualangan yang telah dikembangkan adalah 81,71% dengan skor akhir 143 dari skor rerata ideal 175. Skor tersebut menunjukkan bahwa media ini dapat dikategorikan Baik (B) dan layak untuk diujicoba lebih lanjut. date: 2014-09-15 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: PUTRI KUSUMA RAMADHANI , NIM. 09670032 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK KIMIA DENGAN TEMA PETUALANGAN UNTUK SMA/MA KELAS XII SEMESTER GASAL DENGAN MATERI KIMIA UNSUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14619/2/09670032_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14619/1/09670032_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf