relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1462/ title: PENERAPAN METODE TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS I - III DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA creator: NURMA YENI - NIM. 04410802, subject: Pendidikan Agama Islam description: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan metode tematik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas I-III di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tematik dalam pembelajaran PAI. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode tematik dalam proses pembelajaran Agama Islam di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling) yaitu dengan penentuan subyek penelitian: 2 pendidik mata pelajaran PAI kelas I, II dan Kelas III, 6 orang peserta didik dengan rincian 2 orang peserta didik kelas I, 2 orang peserta didik kelas II dan 2 orang peserta didik kelas III. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam, pengamatan (observasi partisipan) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan: Penerapan tematik di SD Muhammadiyah Demangan (1) Penerapan metode tematik di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta kurang sesuai dengan konsep yang sebenarnya dari Departemen Pendidikan Nasional sehingga cara penerapan kurang bisa maksimal dan belum berhasil dilakukan. Pelaksanaan metode tematik dalam pembelajaran di kelas juga diselingi dengan metode pembelajaran yang lain seperti: metode ceramah, metode tanya jawab, diskusi, resitasi dan metode demonstrasi.(2) Faktor-faktor yang mendukung dalam keberhasilan pembelajaran dapat dibagi menjadi dua yaitu: faktor eksternal meliputi pembelajaran yang efektif, lingkungan yang kondusif, fasilitas yang memadai dan sumber belajar yang telah tersedia, sedangkan untuk faktor internal meliputi pengajar yang profesional dan kurikulum yang tepat, sedangkan faktor yang menjadi penghambat yaitu keterbatasan pengetahuan yang dimiliki oleh guru tentang pembelajaran tematik sehingga dalam pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal, guru-guru di sekolah ini masih sering menggunakan metode yang seharusnya ditinggalkan karena hal ini akan membuat perkembangan peserta didik lambat dan tidak sesuai dengan perkembangan zaman. date: 2008-07-29 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1462/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1462/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf identifier: NURMA YENI - NIM. 04410802, (2008) PENERAPAN METODE TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS I - III DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.