eprintid: 14624 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/46/24 datestamp: 2014-11-21 09:04:44 lastmod: 2014-11-21 09:04:44 status_changed: 2014-11-21 09:04:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ZIDNI AFDIALUDIN , NIM. 10410083 title: PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : Saintifik, Minat Belajar, PAI dan Budi Pekerti note: Pembimbing : Dr. Eva Latipah, M.Si. abstract: Zidni Afdialudin “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Saintifik pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Terhadap Minat Belajar Siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah keadaan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 15 Yogyakarta yang menunjukan tingkat rendah sebelum diterapkanyya pembelajaran saintifik, sedangkan pembelajaran saintifik dengan desainnya dapat meningkatkan keaktifan dan minat siswa, oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh pembelajaran saintifik terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajarn saintifik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta, untuk mengetahui kondisi minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta setelah diterapkannya pembelajaran saintifik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta sebanyak 59 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan skala minat. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil validitas menunjukan dari 30 butir skala minat terdapat 28 butir terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukan koifisien reliabilitas sebesar 0.899 dan dinyatakan reliabel. Kesimpulannya adalah 1) Terdapat pengaruh penerapan pembelajaran saintifik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Hasil ini diperoleh dengan melakukaan hasil uji t dengan nilai thitung (16.182) > ttabel (2.00) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penerapan pembelajaran saintifik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan minat belajar siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta dan dari hasil penghitungan nilai r effect size menunjukan angka r 0.9 sehingga dapat disimpulkan pengaruhnya tersebut besar. 2) Dalam konfirmasi keadaan minat siswa melalui wawancara tergadap guru pengampu dan 4 orang siswa menunjukan minat siswa tinggi dengan ketentuan seluruh indikator minat belajar terpenuhi yaitu sebagai berikut : 1. Memiliki rasa tertarik tinggi. 2.Selalu memusatkan perhatian. 3. Memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. 4. Memiliki rasa kebutuhan yang tinggi 5. Memiliki rasa senang. date: 2014-10-15 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: ZIDNI AFDIALUDIN , NIM. 10410083 (2014) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/2/10410083_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/3/10410083_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.PDF document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/5/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/6/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/7/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/8/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/9/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/10/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/11/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/12/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/14/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/15/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/16/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/17/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/18/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/19/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/20/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14624/21/small.jpg