TY - THES N1 - Pembimbing: Iwan Kuswidi, M.Sc., ID - digilib14628 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14628/ A1 - BADIATUS SOLIKHAH , NIM. 07600074 Y1 - 2014/09/22/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika menggunakan metode Learning Start with a Questions (LSQ) dan metode konvensional terhadap pemahaman konsep dan partisipasi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Pretest-Posttest control group design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa metode pembelajaran Learning Start with a Questions (LSQ) pada kelas eksperimen dan metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Sedangkan variabel terikat berupa pemahaman konsep dan partisipasi peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN Giriloyo Imogiri Bantul Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak kelas dan diperoleh kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data penelitian berupa tes dan skala partisipasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Learning Start with a Questions (LSQ) dilengkapi dengan media pocket book lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional ditinjau dari peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Sedangkan pada aspek partisipasi pembelajaran menggunakan Learning Start with a Questions (LSQ) dilengkapi dengan media pocket book tidak lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional ditinjau dari peningkatan partisipasi peserta didik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Learning Start with a Questions(LSQ) KW - pocket book KW - pemahaman konsep KW - partisipasi. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DILENGKAPI DENGAN MEDIA POCKET BOOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK AV - restricted EP - 263 ER -